Sukses

Health

5 Cara Mudah untuk Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Fimela.com, Jakarta Memiliki sistem peredaran darah yang lancar adalah satu hal yang paling dibutuhkan agar tubuh sehat. Sistem peredaran darah sendiri bermanfaat untuk mengedarkan oksigen, dan zat gizi menuju seluruh sel, jaringan, dan organ dalam tubuh. Agar fungsi tubuh bekerja secara optimal, sistem peredaran darah sebaiknya bekerja dengan optimal pula. 

Mengutip dari laman emedihealth.com, sistem peredaran darah yang kurang lancar, bisa berpengaruh besar terhadap fungsi organ gtubuh secara keseluruhan. Ini juga berpengaruh besar terhadap kinerja jantung. Dalam beberapa kasus, sistem peredaran darah yang kurang lancar bisa memicu berbagai risiko penyakit mematikan. Lantas, bagaimana agar sistem peredaran darah bekerja secara lebih optimal? Apa yang harus kita lakukan untuk memiliki sistem peredaran darah yang lancar?

Konsumsi Makanan Pelancar Sistem Peredaran Darah

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang melancarkan sistem peredaran darah. Cabai, kunyit, sayuran hijau, bawang dan beberapa jenis makanan lain, dipercaya meningkatkan nitrit oksida dalam darah. Ini membantu melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah yang ada.

Olahraga Teratur

Cara selanjutnya agar peredaran darah dalam tubuh lancar, pastikan untuk olahraga teratur. Olahraga membantu melemaskan otot dalam tubuh. Ini juga membantu melancarkan sistem peredaran dalam darah secara optimal. Selain itu, olahraga menjaga berat badan ideal, menyehatkan fisik dan psikis, memperbaiki pola tidur hingga meningkatkan energi dalam tubuh.

Konsumsi Air Putih Cukup

Agar sistem peredaran darah lancar, pastikan untuk minum air putih cukup setiap harinya. Para ahli menyarankan agar setidaknya minum air putih sebanyak 8 gelas perhari atau menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Air membantu mengalirkan cairan ke seluruh tubuh, termasuk peredaran darah. 

Mengelola Stres dengan Baik

Usahakan untuk mengelola stres dengan baik jika ingin memiliki sistem peredaran darah lancar. Studi menemukan jika stres bisa menghambat sistem kerja organ tubuh, termasuk menghambat peredaran darah. Latihan pernapasan, yoga dan meditasi bisa kamu lakukan untuk mengelola stres dengan baik.

Jaga Berat Badan Ideal

Pastikan untuk menjaga berat badan ideal jika ingin memiliki sistem peredaran darah yang lancar. Obesitas bisa menghambat sistem peredaran darah. Ini juga bisa meningkatkan risiko tersumbatnya arteri karena penumpukan lemak dalam darah. 

Itulah sekian cara mudah yang bisa dilakukan untuk melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, makin bijak dalam menjaga kesehatan fisik dan psikis Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading