Sukses

Health

5 Cara Alami Mengatasi Nyeri Perut saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Perempuan dianugrahi rahim yang setiap bulannya rutin akan mengalami menstruasi, dimana terjadinya siklus keluarnya darah akibat peluruhan lapisan dinding rahim bagian dalam yang tidak dibuahi. Efek yang dirasakan setiap perempuan dapat berbeda-beda, ada yang merasakan nyeri pada area perut dan ada yang tidak merasakan nyeri sama sekali.

Nyeri saat haid dapat terjadi karena pembuluh darah dan otot dalam rahim akan mengalami kontraksi untuk meluruhkan lapisan yang ada pada dinding rahim bagian dalam. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Konsumsi Air Hangat

Saat haid, perut akan terasa nyeri dan tidak nyaman karena terisi oleh gas. Maka dari itu, perbanyaklah konsumsi air putih yang untuk membantu mengurangi gas yang membuat tidak nyaman, memperlancar aliran darah, sekaligus meredakan nyeri. Terutama air putih hangat yang dapat membuat otot-otot menjadi lebih rileks.

Mengompres Perut Menggunakan Air Hangat

Mengompres perut menggunakan air hangat dinilai sebagai cara yang efektif untuk meredakan nyeri saat haid, karena otot-otot area perut akan melemas sehingga rasa nyeri akan berkurang. Gunakan botol yang sudah diisi dengan air hangat, lalu tempelkan pada area perut yang mengalami kram.

Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga tidak hanya berguna untuk meningkatkan kebugaran tubuh, melainkan juga sangat membantu dalam mengatasi nyeri perut saat haid. Lakukanlah olahraga rutin setiap harinya agar terhindar dari nyeri dan kram perut saat haid. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan zat endorfin yang berfungsi untuk memunculkan perasaan senang dan dapat mengurangi rasa nyeri. Olahraga ringan yang disarankan saat sedang haid yaitu yoga dan jogging.

Hindari Kafein

Mengkonsumsi kafein saat haid dapat membuat nyeri perut semakin parah, karena di dalamnya terdapat kandungan yang dapat membuat pembuluh darah mengalami penyempitan. Sahabat Fimela dapat mengganti kafein dengan mengkonsumsi minuman jahe atau lemon hangat agar otot perut menjadi rileks.

Jauhkan dari Pikiran Stress

Tanpa disadari, pikiran yang stress dapat menambah parah nyeri perut saat haid loh! Kendalikan pikiran agar tidak stress dengan melakukan meditasi ringan, lakukan kegiatan lain yang bermanfaat, atau berjalan santai.

Sahabat Fimela, itulah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri perut saat haid. Jika nyeri perut dirasa semakin parah, kamu dapat langsung menghubungi dokter untuk tindakan yang lebih lanjut. Selamat mencoba!

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading