Sukses

Health

5 Penyebab Bau Badan yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Bau badan merupakan masalah yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Bau badan sering kali membuat seseorang tidak nyaman dan tidak percaya diri. Ini juga rentan membuat orang-orang di sekitarnya terganggu hingga menjauhinya. Meski sudah mandi rutin dan memakai deodorant, tidak sedikit orang dengan masalah bau badan akan tetap mengeluarkan bau yang tidak sedap dari tubuhnya. 

Pasalnya, bau badan tak sedap tidak hanya disebabkan oleh produksi keringat berlebih saja. Ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal. Termasuk pemilih makanan sehari-hari. Mengutip dari laman my.clevelandclinic.org, ada beberapa penyebab bau badan yang sering terjadi. Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari akan penyebab ini. Apa saja penyebabnya? Simak yang berikut:

Obesitas

Penyebab pertama dari bau badan ada obesitas. Orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, mereka rentan mengalami bau badan. Orang gemuk disinyalir memiliki banyak pori-pori tersembunyi di lipatan tubuhnya. Pada lipatan tubuh, kuman dan bakteri lebih mudah berkembang biak. Inilah yang kemudian bikin bau badan.

Konsumsi Makanan Penyebab Bau Badan

Beberapa jenis makanan dipercaya bisa menyebabkan bau bau tidak sedap. Makanan seperti daging merah, jengkol, brokoli, kubis, bawang, petai dan makanan dengan aroma menyengat lainnya, sangat rentan bikin bau badan. Makanan ini juga bikin air seni pun feses beraroma semakin tidak sedap.

Risiko Menderita Penyakit Tertentu

Bau badan biasanya disebabkan oleh keringat berlebih. Keringat berlebih sendiri menandakan adanya risiko penyakit tertentu termasuk diabetes. Selai itu, penyakit lain yang juga rentan bikin bau badan ada gagal ginjal, liver, disfungsi metabolisme dan kadar gula dalam darah rendah. 

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu menjadi penyebab bau badan yang sering terjadi namun jarang disadari selanjutnya. Ada beberapa jenis obat dengan kandungan tertentu yang rentan bikin bau badan. Obat antipsikotik dan antidepresan, dipercaya sebagai obat yang bisa bikin bau badan tidak sedap.

Gangguan Metabolisme

Penyebab bau badan selanjutnya ada gangguan metabolisme. Saat metablisme tubub terganggu, ini menyebabkan tubuh kehilangan kemampuan untuk memecah hormon trimetilamina.  Hormon yang tidak terpecah ini, kemudian dikeluarkan melalui keringat, urin, dan napas. Dari sini, ini bisa menyebabkan bau badan tak sedap seperti bau amis dan bau asam kuat. 

Itulah sekian penyebab bau badan yang sering terjadi namun sangat jarang disadari. Semoga informasi ini bermanfaat. Untuk mengatasi masalah bau badan, pastikan menjaga makanan yang masuk ke tubuh, jaga kebersihan tubuh dan jaga berat badan ideal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading