Sukses

Health

Jadwal Makan untuk Menaikkan Berat Badan dengan Cepat

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tentu akan memiliki berat badan yang berbeda-beda. Namun, memiliki berat badan yang tidak sesuai standar juga harus kamu ketahui penyebabnya. Dilansir dari cdc.gov, mencapai dan mempertahankan berat badan yang meliputi pola makan yang sehat, aktivitas fisik, tidur yang cukup, dan pengurangan stres. Semakin bertambahnya usia seseorang dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas dan terkena penyakit. 

Penurunan dan kenaikan berat badan seseorang bergantung dari cara beraktivitas dan yang dikonsumsinya. Dilansir dari hsph.harvard.edu, kenaikan berat badan seseorang dapat disebabkan oleh genetika yang memungkinkan seseorang dapat lebih mudah dalam menaikkan berat badan. Selain itu, jarangnya melakukan aktivitas fisik atau berolahraga karena olahraga menjadi pengendali berat badan dan kesehatan. Tak hanya itu, ketika kamu mengalami stres juga dapat meningkatkan berat badan akibat dari mengkonsumsi makanan tidak sehat, waktu tidur yang tidak teratur dan lainnya

Sedangkan dilansir dari healthline.com, penurunan berat badan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kehilangan otot, memiliki tiroid yang terlalu aktif, menderita radang sendi, diabetes, depresi, menderita penyakit radang usus, endokarditis, tuberkolosis, kanker, dan menderita gagal jantung kongestif. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menjaga berat tubuh tetap pada standarnya. 

Jadwal makan untuk menaikkan berat badan

Sahabat Fimela dapat menerapkan jadwal makan yang dilansir dari healthifyme.com untuk mendapatkan 3000 kalori penambah berat badan:

  • Pagi hari, kamu dapat minum 1 gelas susu dengan dua telur rebus atau pisang dan 10 gram atau 6-7 potong almond yang telah direndam.
  • Sarapan, kamu dapat memakan 2 sayur atau paneer isi paratha dengan 1 cangkir dadih. Kamu juga dapat menikmati dua telur dadar dengan dua potong roti gandum atau roti gandum panggang.
  • Setelah sarapan, kamu dapat memakan 3-4 potong chiki kacang tanah atau biji wijen atau chiki buah kering dan segenggam almond panggang dengan satu gelas curd lassi.
  • Pada saat makan siang kamu dapat minum memakan 1 cangkir salad kecambah atau satu mangkuk sup ayam dengan 2 chapati sedang, 2 cangkir sayuran yang kamu pilih, dada ayam atau ikan, yogurt, dan 1 cangkir nasi.
  • Saat makan sore kamu dapat minum 1 cangkir teh atau kopi dengan susu penuh lemak dan memakan 2-3 biskuit gandum atau wijen, poha dengan kacang tanah, kentang dan kacang polong.
  • Setelah itu sebelum makan malam, kamu dapat memakan 3-4 potong chiki kacang tanah atau buah kering dengan segenggam almond panggang.
  • Pada makan malam kamu dapat makan 1 mangkok sup ayam atau sayur campur dengan 2 chapati sedang, 2 cangkir sayuran, dada ayam atau ikan fillet/tahu, 1 cangkir nasi, dan salad campur.
  • Setelah itu, sebelum tidur kamu dapat minum 1 gelas susu dengan kunyit organik dengan 2 pisang.

 

 

Cara dan Makanan yang Dapat Menaikkan Berat Badan

Dilansir dari medicalnewstoday, terdapat beberapa cara meningkatkan berat badan yang dapat kamu terapkan:

  1. Meningkatkan porsi makan atau makan lebih sering.
  2. Mulailah makan dengan 5-6 porsi kecil pada siang hari secara perlahan. Kamu dapat merencanakan waktu makan walaupun rasa lapar tidak terlalu terasa.
  3. Memilih makanan yang mengandung banyak nutrisi dan kalori.
  4. Menambahkan makanan yang memiliki banyak kalori seperti keju dalam casserole, selai kacang pada roti gandum, kentang tumbuk atau sup.
  5. Mencoba smoothie yang memiliki campuran bahan kalori dan nutrisi tinggi.
  6. Hindari minum sebelum atau saat makan.Olahraga dapat membantu menambah berat badan dengan membangun otot dan olahraga juga dapat merangsang nafsu makan.  

 

Makanan yang Dapat Meningkatkan Berat Badan

Dilansir dari healthline.com, beberapa makanan ini dapat meningkatkan berat badan kamu:

  1. Smoothie protein buatan sendiri.
  2. Susu.
  3. Nasi.
  4. Kacang dan selai kacang.
  5. Daging merah.
  6. Kentang dan pati.
  7. Salmon dan ikan berminyak.
  8. Suplemen protein.
  9. Buah kering.
  10. Roti gandum.
  11. Alpukat.
  12. Sereal sehat.
  13. Dark Chocolate.
  14. Keju.
  15. Telur utuh.
  16. Yogurt penuh lemak.

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading