Sukses

Health

8 Penyebab Kepala Pusing Berputar, Tidak Selalu Karena Vertigo

Fimela.com, Jakarta Sakit kepala atau pusing sebenarnya merupakan kondisi yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Biasanya sakit kepala terjadi karena stres atau hal lainnya.

Sakit kepala juga bisa dibilang merupakan suatu kondisi yang cukup ringan dan bisa ditangani sendiri. Sakit kepala bisa diatasi menggunakan obat-obatan OTC (Over the Counter) atau bisa juga dengan istirahat yang cukup.

Meskipun bisa terbilang ringan, namun sakit kepala tidak bisa diremehkan atau dianggap enteng. Sakit kepala yang diabaikan dan tidak segera ditangani bisa membuat kondisi ini semakin parah bahkan bisa menjadi gejala suatu penyakit.

Sakit kepala yang masih ringan biasanya disebabkan karena tubuh yang kelelahan, kurang tidur, kurang minum air putih dan lain-lain. Namun bagimana jika sakit kepala disertai rasa pusing seperti berputar? Banyak yang menyebutkan hal ini sebagai vertigo. Namun benarkah kepala terasa pusing hingga berputar berarti vertigo? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Kepala Pusing Berputar yang Kamu Alami

1. Dehidrasi

Beberapa orang cenderung merasa pusing, kepala seperti berputar, lalu pingsan ketika panas, berkeringat dan kehilangan terlalu banyak cairan. Kondisi ini biasa terjadi di ruangan panas dimana terjadi gangguan pada sistem saraf sehingga menyebabkan tekanan darah turun.

Kalau kamu merasa pusing karena dehidrasi dengan gejala seperti mulut serta kulit kering, urine berwarna gelap, dan sakit kepala, segeralah berbaring. Berbaring bisa membantumu merasa lebih baik dengan cepat.

2. Irama jantung tidak normal

Detak jantung yang tidak teratur, atau disebut juga dengan aritmia, menandakan bahwa organ vitalmu yang satu ini berdetak terlalu lambat atau terlalu cepat. Hal ini dapat berpengaruh pada suplai darah yang seharusnya mencapai otak. Aritmia bisa membuat orang yang sedang beraktivitas normal tiba-tiba pingsan dan bangun di lantai tanpa mengingat apa pun.

3. Masalah katup jantung

Jantung bergantung pada empat katup untuk mendistribusikan darah ke seluruh tubuh secara merata. Namun, beberapa orang memiliki masalah dengan katup jantung sejak lahir, sehingga jantungnya harus bekerja lebih keras untuk berfungsi dengan baik.

Masalah katup dapat membatasi aliran darah dan dapat menyebabkan pusing dengan efek kepala yang terasa berputar. Kondisi ini bisa semakin parah ketika kamu berolahraga dengan intensitas tinggi tanpa diselingi istirahat.

4. Efek samping obat

Obat-obatan tertentu, seperti penghilang rasa sakit dan antidepresan punya efek samping membuatmu merasa pusing hingga terasa berputar. Ini terjadi karena obat tersebut memengaruhi otak secara langsung, memperlambat denyut jantung, hingga menurunkan tekanan darah dengan cara yang dapat memicu gejala-gejala itu.

Ada juga kemungkinan kecil bahwa kamu mungkin mengalami alergi terhadap obat yang diminum. Pusing serta kepala berputar yang kamu rasakan merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menurun. Kondisi seperti ini dikarenakan perubahan tekanan darah yang berdampak pada rasa sakit di kepala.

5. Gula darah rendah

Ketika gula darah turun terlalu rendah, kamu akan merasa pusing karena otak tidak mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi.

Namun jika pusing dirasakan oleh penderita diabetes setelah minum obat penurun gula darah, maka harus hati-hati. Bisa jadi itu pertanda kalau gula darah kamu turun terlalu rendah. Kondisi ini bisa membuatmu kejang hingga kehilangan kesadaran.

Kepala Terasa Berputar Tidak Selalu Karena Vertigo

6. Serangan Panik (panic attack)

Serangan panik (panic attack) ditandai dengan kegelisahan dan kecemasan yang berlebihan. Kondisi ini bisa membuatmu mudah pusing dan kepala serasa berputar-putar. Serangan panik juga dapat menyebabkan pernapasan jauh lebih cepat dan membuat adrenalin meningkat karena saking paniknya.

7. Stroke

Penyakit stroke bukan hanya menimbulkan gejala berupa gangguan bicara ataupun gangguan penglihatan karena kondisi ini pun dapat menjadi penyebab kepala pusing dan berputar. Jika gejala stroke yang kamu alami sudah sampai pada tahap pusing berputar, segeralah ke dokter dan dapatkan pertolongan medis.

8. Heat Exhaustion

Heat exhaustion adalah kondisi saat tubuh terpapar dengan suhu sangat tinggi. Heat exhaustion bisa menyebabkan dehidrasi. Jika mulai terasa linglung, kelelahan, warna urine sangat keruh, otot kram, kulit memucat, detak jantung lebih cepat, kulit lebih dingin, dan keringat berlebih, segeralah konsultasikan dengan dokter.

Itulah 8 penyebab kepala pusing berputar yang belum tentu karena vertigo. Jika kamu ragu, lebih baik pastikan dengan konsultasikan kepada dokter. Dokter akan memeriksa dengan berbagai peralatan untuk menentukan diagnosa dan memberikan pengobatan yang sesuai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading