Sukses

Health

Bahan Alami Untuk Mengatasi Gusi Bengkak yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami gusi membengkak? Pasti rasanya sangat tidak nyaman dan mengganggu. Gusi bengkak membuat makan jadi terganggu dan tidak nyaman.

Gusi bengkak biasanya terjadi karena beberapa hal, misalnya radang gusi akibat penumpukan plak gigi, infeksi bakteri, virus, atau jamur, kekurangan vitamin BĀ atau vitamin C (skorbut). Bahkan bisa juga karena ketidakcocokan terhadap pasta gigi atau obat kumur. Makanan yang tertinggal di sela gigi dan gusi juga bisa membuat gusimu membengkak dan terasa sakit.

Gusi bengkak adalah kondisi yang cukup umum terjadi. Penanganannya pun cukup mudah, kamu tinggal mengonsumsi obat sakit gigi atau obat anti nyeri yang biasa dijual di apotek. Namun kamu juga bisa mengatasi gusi bengkak tanpa menggunakan obat dan hanya menggunakan bahan-bahan alami saja. Yuk simak beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan gusi bengkak yang kamu alami.

1. Air Garam

Air garam adalah salah satu cara ampuh mengobati gusi bengkak karena dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut dan mengurangi bakteri di gusi yang bisa menyebabkan pembengkakan.

Kamu cukup hangatkan 1 gelas air di atas kompor dan tuangkan ke dalam ke dalam. Tambahkan 1 sendok teh garam ke dalam gelas dan aduk rata.

Gunakan air garam tersebut sebagai air kumuran, lalu keluarkan ke wastafel setelahnya. Lakukan setidaknya dua kali sehari sampai pembengkakan pada gusi mereda.Ā 

2. Kompres

Selanjutnya, cobalah kompres menggunakan es atau air hangat untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Kompres dengan es bisa dilakukan dengan cara bungkus es dengan kain bersih dan aplikasikan pada bagian yang nyeri dengan menekannya lembut.

Untuk kompres dengan air hangat, panaskan air sampai hangat dan tidak perlu sampai sampai mendidih. Rendam kain bersih pada air hangat, lalu peras. Kemudian lakukan hal yang sama dengan menekan lembut kain hangat ke wajah dan area yang nyeri gusi.

Cara ini bisa kamu lakukan sampai rasa sakit dan pembengkakan mereda.Ā 

3. Bubuk Kunyit

Kandungan curcumin pada kunyit memiliki sifat antioksidan antiinflamasi. Selain itu, iya juga memiliki sifat antimikroba dan anti jamur, sehingga kunyit bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak dan menyembuhkan pendarahan, serta memerahnya pada gusi.

Untuk perawatan ini, campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit, Ā½ sendok teh garam, dan Ā½ sendok teh air. Aduk hingga rata sampai berbentuk seperti pasta.

Lalu, oleskan pada gusi bengkak, dan diamkan selama 10 menit. Bilas menggunakan air bersih dengan cara berkumur.Ā 

4. Cengkeh

Sejak dulu,Ā rempah-rempahĀ dan bahan herbal selalu menjadi solusi alternatif sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati radang gusi dan nyeri. Cengkeh merupakan salah satu bahan herbal yang digunakan sebagai analgesik atau pereda nyeri.

Caranya tidak jauh berbeda dengan kunyit. Buat pasta cengkeh dengan mencapurkan bubuk cengkeh dengan air hangat, lalu oleskan langsung pada gusi sampai nyeri mereda, dan bilang mulut dengan menggunakan air.

5. Kantong Teh

Usai membuat teh hangat pastikan kamu tidak langsung membuat kantong teh tersebut. Kamu bisa menggunakannya sebagai salah satu cara mengobati gusi bengkak secara alami.

Ambil kantong teh segar dan rendam dalam air mendidih selama 5 menit, seperti kamu membuat teh pada umumnya. Ketika kantong teh dirasa cukup dingin saat disentuh, aplikasikan langsung pada gusi yang nyeri kurang lebih selama 5 menit.

Pilih tes dengan kandungan zat tanin tinggi, seperti teh hitam, teh hijau, atau teh kembang sepatu karena dapat mengurangi iritasi pada gusi. Bisa juga menggunakan teh yang mengandung antiinflamasi seperti jahe yang berguna untuk meredakan rasa nyeri.Ā 

6. Jus Lidah Buaya

Hampir semua orang tahu bahwa lidah buaya kaya akan manfaat. Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Manfaatnya bisa meredakan pembengkakan dan membunuh bakteri penyebab gusi bengkak.

Kamu bisa menggunakannya sebagai obat kumur. Caranya dengan membuat jus gel lidah buaya dan berkumur dengan jus tersebut. Gunakan dua hingga tiga kali dalam sehari hingga pembengkakan gusi mereda.Ā 

7. Lemon

Salah satu penyebab gusi bengkak biasanya karena adanya gigi yang berlubang. Penggunaan lemon sebagai obat kumur dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Gunakan perasan air hangat dan air lemon sebanyak 3 kali sehari secara rutin hingga sembuh. Kandungan asam pada lemon berfungsi untuk mengatur keseimbangan pH dalam mulut.Ā 

8. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dipercaya dapat menjaga kebersihan mulut secara efektif. Daun ini memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membersihkan mulut.

Berkumur dengan daun jambu biji dapat mengurangi peradangan gusi, meringankan nyeri dan menyegarkan napas. Caranya cukup dengan merebus daun jambu biji dengan air, dan gunakan sebagai air kumur dua kali sehari.

9. Bawang Putih

Sifat antiseptik yang dimiliki oleh bawang putih dapat membantu mengobati gusi bengkak. Cara penggunaannya juga sangat mudah.

Cukup siapkan 1 siung bawang putih dan 1 sendok garam. Tumbuh kedua bahan tersebut, lalu tempelkan pada gusi yang nyeri.

Obat dari Apotek yang Bisa Redakan Gusi Bengkak

1. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida merupakan antiseptik cair yang dapat melawan bakteri penyebab masalah gigi dan gusi, seperti radang gusi dan sariawan. Hidrogen peroksida bekerja mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan area kulit yang terluka.

Bentuk murni cairan ini dapat melukai gusi dan mulut. Oleh karena itu, encerkan terlebih dahulu dengan sedikit air sebelum dipakai untuk berkumur.

2. ObatĀ Anti Nyeri

Obat anti nyeri atau analgetik bisa digunakan untuk meredakan gusimu yang membengkak. ContohĀ obat nyeri misalnya paracetamol atau ibuprofen.

Pastikan kamu memahami dosis penggunaannya terlebih dahulu sebelum minum. Jangan sampai kamu minum obat tersebut melebih dosis.

3. Obat Antiseptik

Chlorhexidine merupakan obat antiseptik untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gusi bengkak. Obat ini harus ditebus dengan resep dokter.Ā Obat ini memiliki berbagai jenis, mulai dari salep, larutan, dan obat kumur. Untuk mengobati gusi bengkak, gunakan varian obat kumur.

Kumur-kumurlah dengan obat ini setelah menyikat gigi dan buang larutan bekas kumurnya. Hindari makan dan minum setelah berkumur agar clorhexidine dapat bekerja optimal.

Itulah 9 bahan alami untuk meredakan gusi bengkak serta 3 bahan lainnya yang bisa kamu dapatkan di apotek. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading