Sukses

Health

Penyebab Gusi Bengkak yang Kamu Alami serta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Mulut adalah salah satu organ yang penting bagi kehidupan kita. Selain untuk berbicara, mulut juga bisa digunakan untuk mengunyah makanan. Bayangkan jika kamu salah satu bagian di mulutmu, misalnya gigi atau gusimu sakit, pasti kamu juga jadi kesulitan makan, kan?

Gigi atau gusi yang sakit pasti terasa sangat tidak nyaman ya, Sahabat Fimela. Gigi atau gusi yang sakit tidak hanya menghambatmu dalam mengunyah makanan, namun juga membuatmu kesulitan dalam berbicara. Padahal tentu saja kamu perlu berbicara ketika beraktivitas sehari-hari. Gigi atau gusi yang sakit ini jadi membuatmu kesulitan bahkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang sederhana.

Gusi yang sakit biasanya disebabkan karena kondisi gusi yang membengkak. Nah sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari gusi yang bengkak. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Gusi Bengkak

1. Radang gusi atau gingitivitis

Gingivitis merupakan penyakit yang paling sering menjadi penyebab gusi bengkak dan sakit. Ini terjadi akibat kebersihan mulut dan gigi yang buruk.

Ketika kebersihan mulut tidak terjaga dengan baik, sisa makanan di sela gigi akan berkembang menjadi plak gigi. Plak lalu mengeras menjadi karang gigi dan menjadi penyebab gingivitis.

2. Periodontitis atau infeksi gusi

Periodontitis merupakan infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi.

Perlu diketahui, penyakit ini merupakan bentuk lanjutan dari gingivitis yang sudah parah. Tidak hanya gusi bengkak, dampak lainnya yakni gusi berdarah, abses gigi, dan bau mulut tak sedap.

3. Abses gigi

Abses gigi merupakan kondisi ketika muncul benjolan berisi nanah di sekitar gigi, termasuk gusi. Benjolan nanah ini membuat gusi terlihat bengkak.

Abses gigi disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi ini perlu segera ditangani karena tidak bisa sembuh sendiri dan berpotensi menyebabkan komplikasi serius, seperti berpindahnya bakteri ke otak.

4. Efek samping kawat gigi

Gusi yang bengkak bisa terjadi akibat gesekan antara kawat gigi atau bracket dengan gusi. Selain bengkak, tindakan tersebut juga sering memicu rasa nyeri pada minggu awal pemakaian.

5. Sariawan

Sariawan pada dasar gusi dapat mengakibatkan pembengkakan pada gusi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh gangguan sistem imun maupun infeksi dari bakteri atau virus seperti herpes oral.

Cara Meredakan Gusi Bengkak dengan Bahan Alami

1. Es batu

Es batu bisa kamu gunakan untuk meredakan gusimu yang membengkak. Suhu dingin pada es batu dapat mematikan saraf dalam mulut sehingga mengurangi nyeri.

2. Air garam

Air garam juga bisa meredakan gusimu yang membengkak. Air garam punya kandungan antiseptik atau antibakteri yang bisa mengusir keberadaan bakteri yang jadi penyebab gusi bengkak. 

Kumurlah dengan air garam selama 20 hingga 30 detik. Setelahnya, jangan lupa untuk membilas mulut dengan air putih.

3. Air Lemon

Selain garam, kamu juga bisa pakai air perasan lemon. Air perasan lemon ini mengandung alkali alami dengan kadar pH yang cocok untuk mulut. 

Selain itu, lemon juga mengandung antibekteri yang sangat efektif membasmi bakteri jahat di mulut dan gusi. Caranya nggak susah, kok! Kamu cuma tinggal peras 1 buah lemon dan campur air perasannya dengan segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari, sampai gusi yang mengkak mereda. 

4. Merica

Merica juga bisa kamu gunakan sebagai obat gusi bengkak. Karena, merica mengandung anti bakteri dan inflamasi. 

Caranya juga mudah. Campur sedikit merica dan garam. Lalu tuangkan sedikit air, aduk hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pada gusi yang bengkak. 

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab gusi bengkak yang kamu alami serta cara mengatasinya menggunakan bahan alami. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading