Sukses

Health

5 Penyebab Gusi Hitam yang Bikin Tak Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Warna gusi biasanya akan bervariasi pada setiap orang, tetapi terkadang aka nada timbul bintik hitam maupun coklat tua. Gusi merupakan jaringan keras yang mengelilingi serta dapat menahan gigi pada tempatnya.

Kesehatan mulut tentu sangat baik dan penting untuk tubuh, perubahan pada warna gusi sendiri ternyata dapat mengindikasikan masalah kesehatan serta mendasarinya. Adanya perubahan warna gusi tentu dapat disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan atau kondisi yang serius.

Terkadang gusi yang berwarna hitam dapat mengindikasikan masalah yang serius, tentu mengalami masalah satu ini tentu perlu membutuhkan perawatan. Berikut beberapa penyebab gusi hitam yang bikin tak percaya diri:

1. Melanin

Tubuh secara alami akan memproduksi melanin, zat satu ini ternyata dapat memberi warna pada kulit, rambut, serta mata. Selain itu semakin banyaknya melanin pada tubuh seseorang, maka akan semakin gelap pada bagian rambut, kulit, maupun mata. Gusi yang berwarna hitam atau coklat dapat disebabkan oleh melanin berlebih dalam tubuh, untuk masalah satu ini kamu tak perlu khawatir karena warna pada gusi dapat berubah.

2. Merokok

Merokok ternyata dapat menyebabkan gusi berwarna hitam, sel-sel khusu dalam tubuh disebut sebagai melanosit yang membuat melanin. Nikotin dalam tembakau sendiri dapat menyebabkan melanosit memproduksi lebih banyak melanin dari biasnaya. Maka dari itu dengan terus merokok maka akan mengalami perubahan pada warna gusi semakin gelap.

3. Obat-Obatan

Beberapa obat yang dikonsumsi terkadang memiliki efek samping untuk tubuh, salah satu obat dapat memberikan efek pigmentasi maupun perubahan warna dan dapat terjadi pada bagian mulut. Jika kamu mengalami perubahan warna yang disebabkan oleh obat-obatan maka sangat penting untuk berbicara dengan dokter.

4. Tato Amalgam

Tato amalgam ternyata dapat muncul di mana saja pada bagian mulut dan biasanya akan muncul pada sebelah tambalan. Biasanya akan terlihat seperti bercak hitam, abu-abu, maupun warna biru pada bagian mulut. Jika kamu merasakan hal lain atau gejala lainnya sangat penting untuk periksa ke dokter.

5. Memar

Terkadang kamu akan melukai pada bagian tubuh, makan sesuatu yang memiliki benda tajam, maupun menyikat dan membersihkan gigi terlalu keras ternyata dapat memar pada bagian gusi. Memas pada gusi biasanya akan berwarna merah tua, coklat, maupun hitam. Selain itu terkadang hal ini dapat menyebabkan pendarahan dan rasa sakit karena memar.

Gusi yang berwarna hitam terkadang membuat seseorang tak nyaman. Beberapa penyebab gusi yang menghitam terkadang tak perlu kamu khawatirkan, karena masalah satu ini tidak menunjukkan masalah kesehatan yang serius.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading