Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Mulut Pahit Saat Bangun Tidur yang Umum Terjadi

Fimela.com, Jakarta Rasa pahit di mulut merupakan salah satu hal yang umum dan dapat terjadi oleh siapa saja, tetapi terkadang hal ini berkaitan dengan kebersihan mulut yang buruk atau mungkin dapat menandakan masalah yang serius seperti infeksi jamur.

Terkadang saat bangun tidur kita akan merasakan rasa pahit di area mulut yang membuat tidak nyaman dan ingin langsung sikat gigi agar lebih segar. Hal ini juga dapat disebabkan oleh beberapa makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum tidur.

Jika rasa pahit di sekitar mulut yang kamu rasakan berlangsung lama dan sering terjadi, ada baiknya untuk periksa ke dokter. Berikut beberapa penyebab mulut terasa pahit saat bangun tidur yang sering terjadi:

1. Penurunan Jumlah Air Liur

Saat tidur, tentu kita akan mengalami penurunan jumlah air liur yang membuat seseorang jarang “ngiler” di malam hari saat tertidur. Akan tetapi, ternyata kurang air liur dapat mengeringkan mulut di sepanjang hati dan menyebabkan rasa pahit di mulut sepanjang hari atau di setiap pagi setelah bangun tidur.

2. Kebersihan Mulut yang Buruk

Jika kamu tidak memiliki kebiasaan menyikat gigi atau flossing sebelum tidur, mungkin akan membuat mulut tidak nyaman di pagi hari. Ternyata jarang menyikat gigi atau flossing sebelum tidur dapat membuat partikel makanan tetap berada di mulut selama berjam-jam dan memungkinan pembentukan bakteri di dalam mulut.

3. Merokok dan Penggunaan Produk Tembakau Lainnya

Jika kamu tipe orang yang sering merokok atau beberapa jenis produk tembakay lainnya secara terus menerus sebelum tidur, tentu dapat memberikan dampak buruk kepada kesehatan. Selain itu penggunaan rokok sebelum tidur dapat memberikan rasa tidak enak atau pahit di area mulut setelah bangun tidur.

4. Masalah Kesehatan

Ketika kamu menderita diabetes, infeksi sinus, postnasal drip, atau masalah kesehatan lainnya hal ini terkadang akan disertai oleh rasa tidak enak atau pahit di mulut saat pertama kali bangun tidur, selain itu hal ini akan berlangsung lama hingga siang hari.

Memiliki rasa pahit di mulut saat pagi hari setelah bangun tidur merupakan hal yang umum terjadi, tetapi ada baiknya setelah bangun tidur kamu perlu minum air putih terlebih dahulu. Selain itu saat kamu mengalami beberapa kondisi dan gejala yang berkaitan dengan masalah satu ini ada baiknya untuk periksa ke dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading