Sukses

Lifestyle

9 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Bangun Tidur

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela pernah merasakan tenggorokan sakit saat bangun tidur? Tenggorokan yang sakit saat bangun tidur harus diwaspadai. Karena kondisi ini bisa menyebabkan batuk kering, suara serak, dan gejala penyakit tenggorokan kronis.

Penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur bisa disebabkan karena perubahan perubahan cuaca malam ke pagi. Namun, tenggorokan sakit ini juga bisa dijadikan sebagai gejala penyakit yang menyerang tenggorokan. Jika penyebab tenggorokan sakit adalah infeksi virus, maka kondisi ini harus diwaspadai karena bisa menular melalui udara.

Pada kondisi yang normal, tenggorokan sakit akan sembuh dengan sendirinya sekitar 3 hingga 4 hari. Saat tenggorokan sakit saat bangun tidur tidak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur:

Penyebab Tenggorokan Sakit

1. Radang Tenggorokan

Penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur bisa disebabkan karena Sahabat Fimela memiliki radang tenggorokan. Peradangan tenggorokan ini terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus, yang bisa menular ke orang lain. Radang tenggorokan ini bisa menyebabkan napas menjadi bau, batuk kering dan mulut kering.

2. Dehidrasi

Ada baiknya penuhi asupan cairan sebelum tidur. Karena tubuh yang kekurangan cairan akan menjadi penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur. Sebaiknya minumlah air putih sebanyak 2 liter sehari yang setara dengan 8 gelas. Kamu bisa minum 2 gelas air putih sebelum tidur.

3. Efek Samping Obat-Obatan

Obat-obatan juga bisa membuat tenggorokan kering saat bangun tidur. Obat tersebut adalah antibiotik, antidepresan, obat jenis bronkodilator, obat diare, antihistamin, obat radang, obat diuretik dan obat anti hipertensi. Konsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut.

Penyebab Tenggorokan Sakit

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Camilan

Jika sebelum tidur memiliki kebiasaan mengonsumsi camilan untuk membuat perut kenyang, sebaiknya kebiasaan buruk ini harus dihindari. Terlalu banyak mengonsumsi camilan yang memiliki tekstur keras, dapat meninggalkan serpihan pada tenggorokan. Hal ini mengakibatkan tenggorokan kering di keesokan harinya.

5. Mengonsumsi Makanan Asin

Makanan asin yang dikonsumsi saat malam hari, bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi dan menjadi penyebab tenggorokan kering saat bangun tidur. Kandungan garam yang terlalu tinggi pada makanan asin, sangat tidak baik dikonsumsi untuk kesehatan. Bahkan makanan terlalu asin juga bisa menyebabkan hipertensi.

6. Mengonsumsi Makanan Manis

Hampir sama dengan makanan asin, kebiasaan mengonsumsi maknaan manis bisa mengakibatkan peradangan tenggorokan tak kunjung sembuh. Kandungan gula yang terdapat pada makanan asin, bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi. Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan manis yang mengandung gula tambahan.

Penyebab Tenggorokan Sakit

7. Es Krim

Walaupun menyegarkan, tetapi es krim atau minuman yang terlalu dingin lebih baik dihindari. Karena es krim memiliki suhu yang sangat dingin, sehingga membuat tenggorokan menjadi cepat kering dan suara berubah serak. Terlalu banyak mengonsumsi es krim juga bisa menyebabkan peradangan amandel yang berbahaya untuk tubuh.

8. Rokok dan Alkohol

Jika Sahabat Fimela memiliki kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol, maka bisa menyebabkan tenggorokan kering saat bangun tidur. Rokok dan alkohol bisa membuat produksi air liur berkurang. Bahkan alkohol bisa membuat seseorang lebih sering buang air kecil, dan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi.

9. Minuman Bersoda

Sebenarnya minuman bersoda juga tidak baik dikonsumsi untuk tubuh, sama dengan alkohol. Minuman ini mengandung gula tambahan, asam fosfat dan karbonat. Kandungan ini bisa mengiritasi tenggorokan, sehingga membuat peradangan tenggorokan, menimbulkan penyakit amandel, serta menyebabkan kerusakan pada bagian gigi dan mulut.

Loading