Sukses

Health

Tampil Percaya Diri Tanpa Perlu Khawatir Bau Mulut

Fimela.com, Jakarta Untuk dapat tampil secara maksimal dan percaya diri, terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah bau mulut, terlebih jika akan menghadiri acara penting dan perlu banyak bicara. Bau mulut akan menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Bau mulut atau istilah medisnya halitosis, merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan adanya aroma di rongga mulut yang tidak sedap. Aroma tersebut biasanya akan menyebabkan kamu tidak nyaman dan berpengaruh pada kehidupan sosialmu. Seringkali kamu akan merasa tidak percaya diri untuk membuka mulut atau berbicara dengan orang lain dalam jarak dekat.

Penyebab Bau Mulut

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan bau mulut. Seperti konsumsi air mineral atau air putih yang kurang, terdapat masalah pada saluran pencernaan, kebiasaan hidup tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi makanan dengan bau yang menyengat seperti jengkol, petai, durian, dan bawang, serta kondisi rongga mulut yang tidak bersih dan sehat. 

Kondisi rongga mulut yang kurang bersih dan sehat meliputi adanya gigi berlubang, jamur pada lidah, karang gigi, dan masalah lainnya.

 

Cara mencegah bau mulut

Terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan mudah untuk mencegah bau mulut. Yang pertama adalah memperhatikan jumlah konsumsi air putih. Usahakan untuk minum air putih setidaknya dua liter per hari. Selain dapat mencegah bau mulut, mengonsumsi air putih yang cukup juga dapat menyehatkan ginjal. Yang kedua adalah menambah konsumsi buah dan sayur dalam sehari hari. Hindari makanan dengan bau menyengat untuk dikonsumsi secara rutin, namun jika ingin merasakan sesekali tentu saja boleh. 

Yang ketiga adalah memulai hidup sehat dengan mengurangi konsumsi rokok secara perlahan. Seperti yang telah kita ketahui, konsumsi rokok juga berkontibusi dalam penyebab bau mulut. Yang keempat adalah rajin membersihkan lidah. Terdapat alat khusus yang dapat digunakan untuk membersihkan lidah, supaya lidah menjadi tidak bau. Dan yang terakhir adalah rutin melakukan kontrol ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan gigi seperti scaling karang gigi dan perawatan gigi berlubang. 

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu waspadai dan perlu sesegera mungkin ke dokter bila bau mulut semakin menjadi meskipun sudah melakukan pencegahan. Yang pertama adalah munculnya bercak putih atau luka pada rongga mulut dan lidah. Yang kedua saat merasa kering di rongga mulut dalam waktu yang lama, dan kondisi bau mulut yang disertai dengan rasa nyeri dalam rongga mulut, sulit makan dan menelan, penurunan sistem imun tubuh, serta demam. Jika kamu mengalami beberapa hal tersebut, segera kunjungi dokter.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading