Sukses

Health

5 Tips agar Bangun Tidur Terasa Segar

Fimela.com, Jakarta Tidur adalah cara orang mengumpulkan energi untuk beraktivita kembali di kemduian hari. Durasi yang ideal untuk tidur adalah selama 8 jam, namun masih banyak orang yang tidur kurang dari 8 jam. Orang dapat merasa segar saat bangun dari tidur nyenyaknya. Tapi ada pun orang yang merasa lemah dan tidak berenergi saat bangun tidur

Lantas, bagaimana cara agar saat bangun tubuh terasa lebih segar dan bugar? Seperti yang telah dikutip dari halodoc.com, inilah beberapa tips agar bangun tidur terasa segar agar kamu bisa beraktivitas dengan baik. Yuk, simak selengkapnya.

1. Minum air putih setelah bangun tidur

Saat bangun dari tidur disarankan untuk meminum segelas air putih untuk menyegarkan tubuh. Minum air putih di pagi hari juga dapat menurunkan dehidrasi pada tubuh dan mendetoks tubuh dari racun. Jika ingin lebih segar, kamu bisa mengganti air putih biasa dengan infused water dari lemon.

2. Meregangkan tubuh

Agar tubuh lebih segar dan siap untuk beraktivitas, alangkah baiknya kamu melakukan beberapa peregangan kecil, seperti meregangkan badan, tangan, dan kepala. Terkadang tubuh terasa pegal-pegal dan sakit saat bangun. Untuk itu, cara ini ampuh untuk menghindari hal tersebut. 

3. Sarapan

Agar bisa beraktivas dengan lancar sepanjang hari, uasahakan untuk memiliki energi yang cukup. Untuk meningkatkan energi pada tubuh, berilah tubuh dengan asupan makanan. Dianjurkan untuk mengisi perut dengan sarapan setidaknya setengah jam setelah bangun tidur. Kamu cukup sarapan dengan beberapa asupan yang ringan dan tidak terlalu berat. Ternyata sarapan dipagi hari berguna untuk menstabilkan kadar gula darah, loh.

4. Hindari gadget sebelum tidur

Sebaiknya hindari pemakaian gadget sebelum tidur supaya tidur lebih nyenyak. Pasalnya, cahaya radiasi dari gadget dapat merubah siklus tidur dan bangun tidur karena sangat berpengaruh pada stimulasi kognitif otak. Cahaya radiasi dari handphone dapat memperlambat produksi hormon melatonin yang membuat sulit tidur. 

5. Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Agar kualitas tidur meningkat, butuh dukungan dari lingkungan yang nyaman dan tenteram. Hindari hal-hal yang menganggu ketenanangan tidur seperti suara yang berisik, ataupun suhu kamar yang tidak sesuai. Agar lingkungan tidur terasa nyaman, kamu bisa menata atau mendekor kamar sesuai preferensimu, seperti menggunakan lampu tidur, mengatur suhu kamar yang tepat, atau memakai aroma terapi agar tidur lebih rileks. Saat bangun tidur pun, usahakan membuka jendela agar tubuh lebih segar dan berenergi.

Jika kamu adalah tipe orang yang merasa lemas saat bangun tidur, mungkin kamu bisa mengikuti 5 tips di atas. Hal itu baik juga untuk meningkatkan kualitas tidur. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading