Sukses

Health

7 Bahan untuk Mengetahui Kehamilan Tanpa Test Pack

Fimela.com, Jakarta Untuk mengetahui hamil tidaknya seseorang, umumnya kita akan menggunakan test pack. Apa itu test pack? 

Test pack merupakan alat tes kehamilan yang dinyatakan cukup akurat untuk mendeteksi hormon kehamilan. yaitu human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini muncul setelah sel telur yang telah dibuahi tertanam pada lapisan rahim. Hormon ini dibuat oleh sel-sel tertentu di dalam plasenta. 

BACA JUGA: Cara Mendeteksi Kehamilan Dengan Melihat Tanda-Tandanya

Perlu diketahui Sahabat Fimela, melansir dari laman American Pregnancy Association, selain menggunakan test pack,  tes kehamilan juga bisa dilakukan di rumah dengan beberapa bahan alami. Meski sederhana, beberapa bahan alami dipercaya cukup akurat untuk mendeteksi kehamilan. Tingkat keakuratannya bahkan bisa dibilang cukup tinggi. Kira-kira, apa saja bahan alami tersebut? Simak yang berikut ini. 

1. Gula

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk mengetes kehamilan ada gula. Caranya cukup mudah, ambil satu sendok gula dan satu sendok urin. Campur gula dan urin jadi satu, aduk rata. Jika gula menggumpal hasilnya positif, namun jika gula larut dengan cepat hasilnya negatif. Hormon hCG yang dilepaskan urin saat hamil tidak akan memudahkan gula larut. Dengan demikian, menggumpalnya gula bisa menandakan adanya kemungkinan kehamilan.

2. Garam

Bahan alami selanjutnya ada garam. Sama dengan penggunaan gula, cara menggunakannya cukup ambil satu sendok garam kemudian campur dengan urin di dalam wadah. Tunggu beberapa saat. Jika terdapat gumpalan putih cokelat dalam urin, kemungkinan hasilnya positif. Tapi, jika tidak ada reaksi apapun, kemungkinan hasilnya negatif.

3. Pasta Gigi

Bahan alami untuk tes kehamilan tanpa test pack selanjutnya ada pasta gigi. Beberapa ahli mengungkapkan jika kandungan pada pasta gigi, bisa mendeteksi kadar hCG dalam urin. Campur dua sendok makan pasta gigi putih dengan dua sendok urin. Jika pasta gigi berubah warna menjadi biru dan berbusa, kemungkinan hasilnya positif. Tapi jika tidak ada reaksi atau warna pasta gigi tetap, kemungkinan hasilnya negatif.

4. Baking Soda

Baking soda bisa menjadi alat tes kehamilan selanjutnya. Caranya adalah, campur baking soda dengan urin. Jika mengeluarkan reaksi seperti kita melarutkan redoxo, maka hasilnya positif. Namun jika tidak ada reaksi, berarti hasilnya negatif.

5. Air Cuka

Air cuka adalah bahan yang bisa mendeteksi kehamilan secara sederhana di rumah tanpa test pack. Caranya, campur dua sendok cuka putih dengan dua sendok urin. Jika terjadi reaksi cuka berubah warna dan menggelembung, kemungkinan hasilnya positif. Jika tidak ada reaksi apapun, kemungkinan hasilnya negatif.

6. Sabun

Sabun mandi juga bisa digunakan sebagai alat sederhana untuk mengecek kehamilan. Campur sabun dengan urin, jika campuran tersebut menimbulkan banyaknya busa kemungkinan hasilnya positif.

7. Sampo

Selain sabun, sampo juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mendeteksi kehamilan. Cara menggunakan sampo ini sama dengan penggunaan pasta gigi atau sabun. Cukup campur sampo dengan seidkit air, kemudian tambahkan urin. Jika reaksi yang ditimbulkan muncul banyak busa atau gelembung, kemungkinan hasilnya positif. Tapi jika tidak ada reaksi apapun, maka hasilnya negatif.

Itulah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengecek kehamilan selain test pack. Meski begitu, untuk mengetahui hasil tes yang lebih akurat, kamu tetap disarankan mengecek kehamilan dengan test pack. Bila perlu, periksakan diri ke dokter atau bidan ahlinya. Pastikan juga kamu mengalami beberapa gejala kehamilan yang akurat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading