Sukses

Health

4 Manfaat Mengunyah Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Daun sirih sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat keluarga (TOGA). Tanaman obat keluarga adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat.

Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Bisa dikatakan tanaman obat keluarga adalah tanaman yang ditanam di kebun keluarga dan diharapkan tanaman-tanaman tersebut bisa menjadi obat bagi keluarga. Daun sirih sebagai tanaman obat keluarga juga demikian. Manfaat daun sirih sebagai obat yang paling populer adalah sebagai obat mimisan. Namun ternyata daun sirih punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Bahkan banyak yang meyakini mengunyah beberapa lembar daun sirih hingga lumat dapat mengobati penyakit. Benarkah demikian? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Mengunyah Daun Sirih Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengunyah daun sirih setelah makan dianjurkan karena daun sirih mampu mengatasi perut kembung dan dapat membantu melindungi usus.

Daun sirih juga dapat meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

2. Menjaga Kesehatan Mulut

Daun sirih mengandung banyak agen antimikroba, yang secara efektif memerangi sejumlah bakteri yang tinggal di mulut yang memicu bau mulut, masalah gigi berlubang, plak, dan kerusakan gigi.

Mengunyah sedikit pasta daun sirih setelah makan tidak hanya meningkatkan kesehatan usus, tetapi juga melawan bau mulut, serta meredakan sakit gigi, nyeri gusi, bengkak, dan infeksi mulut.

3. Membantu Mengatasi Depresi

Depresi adalah gangguan kejiwaan yang mempengaruhi sekitar 5% populasi dunia. Penelitian telah mengungkapkan bahwa selain obat antidepresan, obat herbal seperti mengunyah daun sirih telah digunakan sejak zaman dahulu untuk aktivitas stimulan sistem saraf pusat (SSP).

Lebih lanjut ditemukan bahwa mengunyah daun sirih menghasilkan perasaan bahagia dan kewaspadaan tinggi.

Daun sirih mengandung senyawa fenolik aromatik yang merangsang pelepasan katekolamin. Ada hubungan yang kuat antara rendahnya tingkat katekolamin dalam tubuh dan peningkatan risiko depresi. Oleh karena itu, mengunyah daun sirih adalah cara mudah untuk mencegah depresi.

4. Mengobati Tukak Lambung

Penelitian telah menemukan bahwa mengunyah daun sirih adalah obat tradisional kuno yang digunakan untuk mengobati tukak lambung.

Daun sirih menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi mukus lambung (faktor penting yang melindungi dari maag) dan menurunkan volume sekresi asam lambung.

Jangan Kunyah Terlalu Sering

Meskipun punya banyak manfaat, namun mengonsumsi daun sirih secara berlebihan akan menyebabkan beberapa dampak buruk bagi kesehatan. 

Campuran daun sirih, biji pinang, kapur, dan tembakau yang biasa dikunyah bersifat karsinogenik (memicu kanker). Untuk itu, kamu harus berhati-hati dan jangan mengunyah sirih secara berlebihan.

Selain iritasi gusi dan kanker mulut, mengonsumsi daun sirih terlalu banyak juga bisa menyebabkan sariawan. Guna menghindari efek samping ini, disarankan mengunyah daun sirih pada waktu tertentu saja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading