Sukses

Health

Ini Dia 5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Siapa sangka, kulit jeruk yang selalu langsung dibuang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh loh! Kulit jeruk memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya adalah zat antioksidan yang dapat menurunkan resiko terkena penyakit kolesterol. Masih banyak manfaat kulit jeruk yang berguna untuk kesehatan tubuh kita, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Antikanker

Kulit jeruk mengandung fitonutrien dan limonene yang bersifat antikarsinogenik. Kandungan ini akan mengaktifkan enzim detoksifikasi antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Kandungan pektin yang terdapat pada kulit jeruk berfungsi sebagai prebiotik alami yang dapat meningkatkan produksi bakteri baik pada saluran pencernaan. Sehingga kulit jeruk dianggap dapat menyembuhkan masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, hingga asam lambung.

Menjaga Kesehatan Gigi

Fungsi lain dari limonene yang terdapat pada kulit jeruk yaitu mampu membantu memutihkan gigi secara alami. Selain itu, sifat antibakterinya juga dapat melindungi gigi dari karies.  

Menjaga Kesehatan Mata

Senyawa dalam kulit jeruk, seperti citral, limonene, serta decanal dikatakan mampu untuk menjaga kesehatan mata karena memiliki sifat anti inflamasi yang dapat melawan infeksi dan meningkatkan penglihatan.

Mengatasi Bau Mulut

Ternyata kulit jeruk juga mampu untuk mengatasi aroma tidak sedap pada mulut. Terdapat dua cara yang dapat digunakan, cara pertama dengan berkumur dengan air rendaman kulit jeruk. Cara kedua dengan memeras kulit jeruk di dalam air, lalu kumur menggunakan air tersebut. Cara kedua dianggap lebih efektif untuk mengatasi bau mulut.

Demikian 5 manfaat dari kulit jeruk yang jarang diketahui. Setelah ini, manfaatkan kulit jeruk sebelum dibuang ya sahabat Fimela!

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading