Sukses

Health

5 Tips Meredakan Nyeri Haid Tanpa Konsumsi Obat

Fimela.com, Jakarta Setiap bulannya, perempuan dengan usia produktif akan mengalami siklus bulanan berupa menstruasi atau haid. Tidak jarang, momen ini disertai dengan gejala PMS atau pre Menstruation Syndrome. Mengutip dari laman healthline.com, PMS seringkali menyebabkan nyeri, suasana hati yang buruk dan badan pegal-pegal. Karena PMS ini, banyak perempuan yang jadi mudah tersinggung, marah atau sedih. 

Ketika kamu mengalami PMS sementara kamu harus tetap bekerja atau melakukan perjalanan jauh, tentu hal ini akan membuatmu merasa sangat tidak nyaman. Ini juga sering kali menyebabkan segala aktivitas jadi terganggu. Penting untuk meredakan nyeri haid agar segala aktivitas tetap terasa menyenangkan. Ada banyak tips yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid. Simak tipsnya berikut ini.

Kompres Air Hangat

Cara pertama untuk meredakan nyeri haid adalah dengan mengompres perut menggunakan air hangat. Kompres juga bagian tubuh yang terasa pegal-pegal, sakit dan tidak nyaman. Mengompres tubuh yang nyeri, bisa membantumu merasa lebih nyaman.

Hidrasi Tubuh dengan Baik

Usahakan untuk menghidrasi tubuh dengan baik. Cukupi kebutuhan cairan tubuh. Bila perlu, minum air putih lebih banyak dari biasanya. Saat menghidrasi tubuh, hindari konsumsi minuman dengan pemanis buatan atau minuman berupa es. Sebaiknya, konsumsi air putih atau air hangat. Ini akan meredakan nyeri haid dengan lebih baik.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Konsumsi makanan tinggi serat saat haid. Ini bisa membantumu merasa lebih nyaman. Ini juga akan meredakan nyeri haid yang dirasakan. Adapun makanan tinggi serat yang sebaiknya dikonsumsi antara lain sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Olahraga Ringan

Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga. Ini bisa membantu meredakan nyeri haid. Ini juga bisa membantumu mengurangi rasa pegal-pegal di tubuh saat menjelang haid hingga sesudah haid. 

Istirahat atau Rebahan

Meski kamu sedang bekerja atau melakukan perjalanan jauh, cobalah untuk istirahat sejenak. Istirahat atau rebahan akan membantumu mengurangi nyeri haid. Istirahat juga akan membuat suasana hatimu kian membaik. 

Itulah sekian tips meredakan nyeri haid tanpa obat. Bila perlu, konsumsi minuman herbal seperti teh jahe hangat, lemon tea atau kunyit asam agar nyeri haid bisa berkurang. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading