Sukses

Health

Penyebab Gula Darah Rendah yang Harus Kamu Waspadai

Fimela.com, Jakarta Gula darah merupakan sumber energi untuk tubuh. Kadar gula darah yang rendah bisa membuat tubuh kekurangan energi untuk beraktivitas. Akibatnya, kadar gula darah yang rendah membuatmu kesulitan untuk beraktivitas seperti biasa.

Gula darah rendah atau dalam istilah medis disebut dengan hipoglikemia adalah suatu kondisi di mana kadar gula darah turun di bawah normal. Kadar gula darah normal adalah sekitar 80-120 mg/dL, sedangkan kadar gula darah bisa disebut rendah jika berada di bawah 70 mg/dL.

Hipoglikemia atau kadar gula darah yang rendah tidak bisa dibiarkan terus menerus. Hipoglikemia bisa menyebabkan penurunan kesadaran, kejang bahkan hingga kerusakan permanen di otak.

Hipoglikemia bisa terjadi karena beberapa hal. Berikut beberapa penyebab gula darah rendah yang harus kamu waspadai dan sebisa mungkin dihindari.

1. Pengobatan Diabetes

Bila kamu mengidap diabetes, tubuh kamu mungkin tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup (diabetes tipe 1) atau tubuh mungkin tidak bisa menggunakan insulin dengan baik (diabetes tipe 2). Akibatnya, glukosa cenderung menumpuk di aliran darah dan bisa mencapai kadar yang sangat tinggi. 

Cara mengatasi kondisi tersebut dengan menggunakan insulin atau obat lain untuk menurunkan kadar gula darah rendah. Namun, menggunakan terlalu banyak insulin atau obat diabetes lainnya bisa menyebabkan kadar gula darah turun terlalu rendah, sehingga akhirnya menyebabkan hipoglikemia. Pengidap diabetes juga bisa mengalami hipoglikemia bila makan lebih sedikit dari biasanya setelah minum obat diabetes, atau bila berolahraga lebih keras dari biasanya.

2. Obat-obatan Tertentu

Mengonsumsi obat diabetes oral orang lain secara tidak sengaja bisa menyebabkan gula darah rendah. Selain itu, obat-obatan lain juga bisa menyebabkan hipoglikemia, terutama pada anak-anak atau pada pengidap gagal ginjal. Salah satu contoh obat tersebut adalah kina (Qualaquin) yang digunakan untuk mengobati penyakit malaria.

3. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Minum banyak alkohol tanpa mengonsumsi makanan bisa menghalangi organ hati melepaskan glukosa yang tersimpan ke dalam aliran darah, sehingga menyebabkan hipoglikemia.

4.Beberapa Penyakit Kritis

Penyakit hati yang parah, seperti hepatitis atau sirosis parah adalah penyebab gula darah rendah yang perlu diwaspadai. Gangguan ginjal juga bisa menghalangi tubuh untuk mengeluarkan obat dengan benar, sehingga bisa membuat kadar gula darah menjadi rendah karena penumpukan obat tersebut.

5. Kelaparan dalam Waktu Lama

Berpuasa, melakukan diet atau memiliki gangguan makan seperti anoreksia nervosa bisa membuat tubuh kelaparan dalam waktu lama. Kondisi tersebut memicu menurunnya kadar gula darah karena zat yang dibutuhkan untuk membuat glukosa menjadi terlalu sedikit.

6. Produksi Insulin Berlebih

Tumor pankreas langka juga menjadi penyebab gula darah rendah yang perlu diwaspadai, karena penyakit tersebut bisa menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak insulin.

Tumor lain juga bisa menghasilkan terlalu banyak produksi zat seperti insulin. Pembesaran sel-sel pankreas yang memproduksi insulin bisa mengakibatkan pelepasan insulin yang berlebihan, sehingga menyebabkan hipoglikemia.

7. Kekurangan Hormon

Kelainan kelenjar adrenal dan tumor hipofisis tertentu bisa menyebabkan kekurangan hormon utama yang mengatur produksi glukosa. Anak-anak dapat mengalami hipoglikemia jika mereka memiliki terlalu sedikit hormon pertumbuhan.

Itulah penyebab gula darah rendah yang perlu kamu waspadai. Namun, jangan khawatir. Gula darah rendah biasanya bisa diatasi dengan cara meningkatkan kembali gula darah dengan mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula atau dengan obat-obatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading