Sukses

Health

Penyebab Mimisan yang Terjadi Saat Bangun Tidur

Fimela.com, Jakarta Mimisan adalah suatu keadaan ketika darah keluar dari hidung. Mimisan bisa dialami siapa saja, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Mimisan terjadi karena pembuluh darah dalam hidung pecah kemudian mengalir ke luar hidung.

Biasanya mimisan terjadi dalam waktu yang sebentar. Mimisan juga bukan merupakan suatu penyakit kronis, apalagi jika dialami dalam waktu yang sebentar.

Mimisan bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika bangun tidur. Namun apakah ada hal-hal tertentu yang menyebabkan mimisan saat baru bangun tidur? Berikut beberapa penyebab mimisan saat bangun tidur yang kamu alami.

1. Ruangan yang terlalu kering

Mengutip dari Cleveland Clinic, ruangan yang terlalu kering bisa membuat hidung mimisan.

Kondisi ruangan yang terlalu kering bisa terjadi kalau kamu rutin menggunakan pemanas atau pendingin ruangan. Kondisi tersebut membuat kelembaban ruangan sangat rendah, sehingga selaput lendir dalam hidung ikut mengering. Ketika selaput lendir dalam hidung mengering, pembuluh darah akan terbuka. Saat selaput lendir kering, rentan mengalami retak dan bisa membuatmu mimisan.

2. Terlalu dalam mengorek hidung

Kebiasaan mengorek hidung atau yang biasa dikenal dengan istilah mengupil sepertinya memang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Namun demikian perlu diperhatikan, karena kegiatan ini dapat berbahaya bagi hidung anda, dan berpotensi menimbulkan gejala mimisan apabila terlalu dalam mengorek hidung anda terutama ketika anda tidak sengaja melukai bagian dalam hidung.

3. Alergi

Pada beberapa kasus, mimisan dapat terjadi karena seseorang mengalami alergi terhadap polutan dan allergen yang ada di udara. Polutan dan allergen yang ada di udara ini terhirup masuk ke dalam tubuh melalui hidung secara tidak sengaja, dan beberapa polutan atau allergen dapat menimbulkan alergi, terutama bagi orang yang memiliki hidung yang sensitif.

4. Infeksi hidung

Ada berbagai jenis penyakit infeksi hidung, seperti sinusitis, pilek, atau infeksi pernapasan.

Infeksi hidung tersebut akan berpengaruh pada lapisan dalam hidung yang sangat sensitif. Pada akhirnya, membuat hidung lebih mudah iritasi sampai berdarah.

5. Membuang ingus terlalu kencang

Pernah melihat gumpalan darah saat sedang membuang ingus? Sebenarnya itu kondisi yang wajar terjadi karena pembuluh darah dalam hidung sangat sensitif.

Ketika kamu membuang ingus terlalu kencang, pembuluh darah juga ikut terluka oleh dorongan udara dan kotoran dari dalam hidung.

Itulah beberapa penyebab mimisan yang terjadi saat bangun tidur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading