Sukses

Health

5 Manfaat Mengagumkan Berpuasa Ramadan untuk Kesehatan Fisik

Fimela.com, Jakarta Ramadan telah tiba. Itu artinya, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Puasa menjadi salah satu rukun Islam dari kelima rukun yang ada yakni, Sahadat, Salat, Zakat, Puasa dan Naik Haji. Puasa dijadikan salah satu rukun wajib dalam Islam tentu bukan tanpa alasan. 

Puasa diketahui mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Ini juga sebagai salah satu perintah dari Allah SWT. Di mana hamba yang menjalankannya akan diberikan pahala, keberkahan, segala kebaikan dan manfaat. Mengutip dari laman healthline.com, berpuasa memiliki segudang manfaat untuk kesehatan fisik. Mereka yang menjalankan puasa dengan rutin dan sungguh-sungguh karena Allah, akan mendapat banyak manfaat. 

Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan fisik tersebut.

Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Manfaat pertama dari berpuasa adalah mengontrol gula darah dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan para ahli di tahu 2014, diketahui jika berpuasa bisa mengontrol gula darah dalam tubuh. Ini bahkan mencegah risiko diabetes type 2.

Menjaga Kesehatan Jantung

Berpuasa juga bisa menjaga kesehatan jantung. Berpuasa membantu seseorang memiliki pola makan yang lebih teratur. Puasa juga menstabilkan sistem metabolisme tubuh. Studi menemukan jika berpuasa bisa menyehatkan jantung dan mencegahnya mengalami berbagai masalah kesehatan yang mengancam nyawa.

Meningkatkan Kecerdasan

Studi yang dilakukan ahli pada tahun 2013 menemukan jika berpuasa baik untuk kesehatan otak. Berpuasa bahkan dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan dan mencegah risiko alezeimer serta gangguan ingatan lainnya. Berpuasa bisa menjaga kesehatan memori seseorang akan tetap baik. Meski begitu, studi ini masih terus dikaji untuk dapatkan hasil yang lebih terpercaya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berpuasa berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang akan tetap baik. Berpuasa bahkan dikatakan sebagai latihan untuk memperkuat fisik. Menahan lapar dari subuh hingga maghrib, melatih tubuh untuk lebih tahan dan kuat. Saat puasa, kebijaksanaan seseorang dalam memilih makanan sehat, membantunya memiliki tubuh yang lebih sehat pula. Ini membantu seseorang untuk memiliki kekebalan tubuh yang lebih mengesankan.

Bantu Menurunkan Berat Badan

Berpuasa adalah cara alami untuk menurunkan berat badan secara tepat. Berpuasa juga sebagai salah satu cara untuk menstabilkan berat badan untuk berada di angka ideal. Dengan catatan, puasa ini dilakukan dengan tepat dan diimbangi dengan menutrisi tubuh secara seimbang serta secukupnya. 

Itulah sekian manfaat dari berpuasa untuk kesehatan fisik. Bagi Sahabat Fimela yang sedang menjalankan ibadah puasa, tetap semangat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading