Sukses

Health

3 Bahan Alami yang Bisa Membantu Melancarkan Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Siklus menstruasi seorang perempuan biasanya terjadi setiap 28 hari sekali. Namun tidak semua perempuan memiliki siklus menstruasi yang teratur.

Ada beberapa hal yang memengaruhi siklus menstruasi. Mulai dari tingkat stres, pola tidur, hingga dan makanan yang dikonsumsi. Dalam beberapa kasus, seorang perempuan baru menstruasi beberapa bulan sekali akibat ketidakseimbagan hormon dalam tubuh.

Untuk mengatasi hal tersebut, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang intens. Namun untuk membantu memperlancar siklus haid, sebenarnya ada beberapa bahan alami yang dikonsumsi. Apa saja?

 

1. Kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit kerap dimanfaatkan banyak perempuan untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan perubahan modd yang kerap terjadi saat haid. Selain itu, kunyit juga bisa membantu memperlancar siklus haid yang tersendat. Ia dapat berfungsi sebagai stimulator aliran darah di rahim dan daerah panggul.

 

2. Kopi

Kandungan kafein di dalam kopi dapat merangsang estrogen yang menyebabkan haid datang lebih awal. Selain itu, kafein juga menjadi bahan kimia yang baik untuk menghilangkan rasa sakit selama haid. Namun jangan dikonsumsi berlebihan agar tidak mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh.

 

3. Mengkudu

Baik buah maupun daunnya, mengkudu memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Rebusan daun mengkudu banyak dimanfaatkan untuk memperlancar aliran darah berkat kandungan fitonutrian yang membantu melebarkan pembuluh darah. Sehingga aliran darah secara menyeluruh, termasuk menstruasi, bisa lebih lancar.

 

Cara praktis mengonsumsinya

Manfaat dari ketiga bahan alami ini bisa didapatkan secara praktis dengan Queen Secret Coffee. Sempat viral di TikTok, Queen Secret Coffee dari Amiralab menjadi cara enak untuk membantu memperlancar siklus menstruasi.

Mengandung kopi Robusta, ekstrak kunyit, gula aren, creamer, dan ekstrak mengkudu, produk kopi ini diformulasikan untuk melancarkan peredaran darah, meredakan nyeri haid, meningkatkan imunitas dan stamina, mengurangi kalori, hingga menjaga kesehatan kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading