Sukses

Health

4 Tips Puasa dengan Menjaga Kadar Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Sudah hampir seminggu umat Muslim telah menjalankan ibadah puasanya. Puasa yang merupakan kewajiban dan menjadi salah satu dari rukun Islam. Dilansir dari vox.com, puasa melayani beberapa tujuan spiritual dan sosial seperti:

  1. Mengingatkan tentang kelemahan manusiawi dan ketergantungan kamu pada Tuhan untuk rezeki 
  2. Merasakan rasa lapar dan haus sehingga ada rasa kasihan serta kewajiban untuk membantu orang yang membutuhkan.
  3. Mengurangi gangguan dalam hidup sehingga dapat lebih fokus pada hubungan umat dan Tuhannya. 

Biasanya puasa dijalankan dari fajar hingga matahari terbenam dengan tidak makan dan minum. Namun, sebelum fajar biasanya mereka akan makan terlebih dahulu atau biasa dikenal dengan sahur.  Lalu, setelah matahari terbenam, mereka akan makan sebagai tanda berbuka dengan makan ringan yang dilanjutkan dengan makanan berat. Puasa tidak hanya persoalan tidak makan dan minum, tetapi sebagai umat Muslim juga harus mencoba untuk mengekang pikiran dan emosi negatif seperti kecemburuan dan kemarahan serta hal-hal yang lebih kecil seperti mengeluh, bergosip dan lainnya selama bulan Ramadan

Dilansir dari zamzam.com, puasa dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti:

  1. Memberikan perlindungan dari obesitas dan penyakit kronis seperti diabetes karena ketika berpuasa, kamu harus menahan diri dari konsumsi makanan dan air dari sebelum fajar hingga matahari terbenam sehingga meningkatkan kadar protein yang memberikan resistensi insulin.
  2. Menurunkan kolesterol dan meningkatkan kadar gula darah. Puasa merangsang profil lipid yang dapat menurunkan kolesterol darah sehingga mencegah serangan jantung, stroke, dan lainnya. Selain itu, pola makan yang sehat selama bulan Ramadan juga dapat mempertahankan tingkat kolesterol yang baru diturunkan. 
  3. Memperbaiki sistem pencernaan. Menjalankan puasa memberikan pengaruh positif pada gaya hidup dan sistem pencernaan karena tubuh mendetosifikasi setelah sebulan membuang racun dalam tubuh yang dapat menyeimbangkan produksi panas dan tingkat keasaman di perut. 

Tips Puasa dengan Menjaga Kolesterol

Salah satu manfaat dari berpuasa adalah menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki penyakit kolesterol, berikut tips yang dapat dilakukan dalam berpuasa supaya kolesterol dalam tubuh tetap rendah yang dilansir dari healthmatch.io:

  1. Memiliki kalori yang cukup sehingga penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat mempertahankan fungsi tubuh dalam beraktivitas sehari-hari.
  2. Mengonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin penting untuk menjaga tubuh dalam menjalankan aktivitas seharian. 
  3. Mengonsumsi makanan seperti buah dan sayuran, termasuk kacang-kacangan, biji-bijian utuh, dan lemak tak jenuh seperti alpukat.  
  4. Hindari makanan yang tinggi akan lemak jenuh, makanan atau minuman yang tinggi akan karbohidrat atau gula, lemak trans, dan makanan olahan tinggi. 

Rekomendasi Makanan yang Dapat dikonsumsi Saat Sahur dan Buka Puasa

Dilansir dari nutrition.org.uk, ketika sahur, kamu perlu meminum banyak cairan supaya dapat memastikan kamu terhidrasi dengan baik dan pilih makanan yang bertepung untuk energi serta pilih makanan yang memiliki varietas serat tinggi atau gandum supaya membuat lebih kenyang. Selain itu, membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Berikut beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi saat sahur:

  • Oat atau biji-bijian utuh
  • Sereal sarapan berserat tinggi
  • Makanan bertepung seperti nasi
  • Yogurt
  • Roti gandum yang kaya akan serat dan hindari menggabungkan roti dengan makanan asin

Sedangkan, untuk mengawali berbuka puasa, kamu dapat mengonsumsi banyak cairan, rendah lemak, makanan kaya cairan, dan makanan yang mengandung beberapa gula alami untuk energi, seperti:

  • Minuman seperti air, jus buah, susu, atau smoothies
  • Kurma yang secara tradisional digunakan untuk berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad dan kandungan gula alami yang berguna untuk energi
  • Sup
  • Makanan bertepung yang seimbang
  • Buah dan sayuran
  • Makanan kaya protein

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading