Sukses

Health

4 Manfaat Menambahkan Susu ke Dalam Kopi yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang di dunia. Termasuk orang-orang di Indonesia, kini sangat menikmati kopi untuk meningkatkan semangat dan stamina. 

Seiring dengan berkembangnya zaman, kopi tak hanya bisa dinikmati dalam bentuk kopi hitam murni. Ada beragam bahan lain yang bisa ditambahkan ke dalam sajian secangkir kopi, agar cita rasa dan kelezatannya makin ngena. Salah satu bahan yang ditambahkan ke dalam kopi ada susu

Menambah susu ke dalam kopi tak hanya menambah kelezatan dari sajian kopi. Mengutip dari laman healthline.com, ini bahkan memberikan segudang manfaat mengesankan yang jarang kita sadari. Penasaran apa saja manfaat tersebut?

Memberi Tambahan Protein

Manfaat pertama dari menambahkan susu ke dalam kopi adalah memberi tambahan protein. American Society of Nutrition, mengonsumsi protein di pagi hari memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satunya bantu menurunkan berat badan. 

Makanan yang mengandung protein tak hanya telur, ikan atau daging. Susu rupanya juga demikian. Bagi kamu yang hobi minum kopi di pagi, disarankan untuk menambahkan susu ke dalam kopi tersebut. Tak hanya pada kopi, susu bisa ditambahkan ke dalam jus buah, oatmeal atau sereal.

Menambah Vitamin dan Mineral

Kopi penuh dengan vitamin dan mineral bermanfaat, seperti riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, dan potasium. Ini juga mengandung antioksidan yang baik buat tubuh. Aneka vitamin dan mineral dalam kopi ini, akan bertambah lengkap jika ia disajikan bersama susu. 

Lindsay Delk, RD, RDN, dari the Food and Mood Dietician, mengatakan, “Banyak orang menikmati sajian kopi yang lembut dengan menambah susu ke dalamnya. Ini ternyata juga memberi banyak manfaat buat kesehatan.”

Mencegah Peradangan

Menambahkan susu ke dalam sajian kopi, dipercaya bisa mencegah peradangan. Ini bahkan bisa melawan peradangan dengan baik. Peradangan sendiri adalah penyebab di balik banyak kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer. Kopi yang disajikan bersama susu, bisa bermanfaat untuk anti-inflamasi dari polifenol.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kopi yang diminum tanpa tambahan apapun, sangat tidak direkomendasikan untuk penderita magg, asam lambung atau sistem pencernaan lainnya. Tapi sebaliknya, kopi yang disajikan bersama susu, ini lebih aman untuk sistem pencernaan. 

Susu bermanfaat menetralkan keasaman kopi. Bahkan, studi pada tahun 2021 yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition, mengungkapkan jika kopi susu bermanfaat bagi kamu yang menderita gastrointestinal tertentu.

Itulah sekian manfaat menambah susu ke dalam sajian kopi. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga tak takut lagi untuk ngopi ya Sahabat Fimela?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading