Sukses

Health

4 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh Selama Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadan juga menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki kesehatan tubuh.

Dalam menjalankan ibadah puasa, umat Muslim diharuskan untuk menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13-14 jam setiap harinya. Selain itu, menahan haus dan lapar seharian juga menyebabkan penurunan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lemas dan kehilangan energi.

Oleh karena itu, dibutuhkan usaha ekstra agar tubuh tetap fit dan sehat selama menjalankan ibadah puasa. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat di bulan suci Ramadan.

1.  Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Air putih adalah sumber kehidupan dan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Selama puasa, tubuh akan mengalami dehidrasi yang dapat menggangu kesehatan tubuh seperti sakit kepala, kantuk, lelah, mulut kering, dan bahkan gangguan pencernaan.

Selama bulan suci Ramadan, air putih sangat penting untuk dikonsumsi secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, membantu melancarkan fungsi organ-organ tubuh dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Melansir dari World Health Organization (WHO), kebutuhan air putih selama bulan Ramadan harus tetap terpenuhi dengan mengonsumsi minimal 8 gelas air putih. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa air yang dikonsumsi harus memenuhi standar kualitas air minum yang telah diatur dalam Permenkes No. 2 Tahun 2023.

Yang berisi tentang syarat-syarat air minum yang baik untuk diminum yaitu; tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya dan logam berat. Hal ini merupakan poin-poin yang sangat penting untuk diketahui sehingga kita dapat memastikan bahwa air yang kita minum memiliki kualitas yang baik.

Coway Water Purifier

Untuk memenuhi kebutuhan air minum aman dan sehat bagi masyarakat Indonesia, Coway perusahaan pemurni air dan udara no. 1 di Korea Selatan menghadirkan water purifier yang dikembangkan di Research and Development (R&D) Center Korea Selatan serta telah lolos dari uji klinis.

Dilansir dari Coway.id, Coway Water Purifier menggunakan sistem filtrasi Reverse Osmosis (RO) yang mampu menyaring partikel hingga 0,0005 mikrometer, sehingga air yang dihasilkan aman dan bebas dari mikroplastik. Selain itu, produk Coway telah menerima sertifikasi halal dari JAKIM pada tahun 2010 untuk seluruh produk Coway, termasuk filter.

Hal ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan sebagai merek pemurni air internasional pertama bersertifikat halal untuk memastikan kepercayaan dan kenyamanan pelanggan Muslim terhadap produk Coway. Sehingga, Coway Water Purifier menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan air selama puasa agar terhindar dari dehidrasi.

2. Menerapkan pola makan sehat baik saat sahur maupun berbuka puasa

Memilih makanan yang tepat saat berbuka dan sahur adalah hal yang sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat selama berpuasa. Melansir dari Healthline, selama bulan puasa sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, serta mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral.

Dengan mengonsumsi asupan yang bergizi dan tinggi nutrisi, tubuh akan tetap bugar dan lebih berenergi saat menjalani ibadah puasa. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas atau berlemak, karena dapat memicu dehidrasi dan gangguan pencernaan.

Pentingnya rutin olahraga selama bulan puasa

3. Tetap aktif berolahraga

Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik seperti olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan olahraga, kita bisa mengatur simpanan energi di dalam tubuh agar tetap terjaga serta menjalani puasa dengan lancar.

Dilansir dari Verywell Health, olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau melakukan yoga menjadi olahraga yang tepat untuk dilakukan selama bulan puasa. Hindari melakukan olahraga yang berat atau terlalu lama saat berpuasa, karena dapat membuat tubuh kelelahan. Sebaiknya, olahraga dilakukan pada saat sebelum berbuka puasa atau setelah tarawih.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Setelah beraktivitas seharian, pastikan untuk mengistirahatkan tubuh dengan cukup di malam hari.

Agar dapat mengatur pola tidur saat puasa, kita harus membiasakan diri untuk memiliki jam tidur yang sama setiap harinya serta hindari kebiasaan bermain ponsel maupun menonton film saat beranjak mau tidur. Selain itu, kita juga dapat menciptakan suasana kamar yang nyaman dan tenang dengan menggunakan Air Purifier Coway.

Air Purifier Coway dapat menciptakan udara bersih di dalam kamar sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik. Dengan mengatur kualitas tidur, tubuh akan lebih segar sehingga tidak mudah mengantuk selama menjalani puasa. 

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading