Sukses

Health

Inilah Penyebab Sering Meludah yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela pernah merasakan saat ingin meludah terus menerus? Kondisi ini disebabkan karena terjadinya hipersaliva atau kondisi dimana air liur diproduksi secara berlebihan. Hipersaliva memang bukan masalah yang begitu serius, namun bisa juga menjadi menjadi masalah besar karena adanya suatu penyakit kronis yang berpengaruh pada kontrol otot. 

Jika situasi hipersaliva ini terjadi secara menerus, tentu akan sangat menganggu. Lantas, apa penyebab dari kondisi satu ini? Mari kita simak bersama. 

Asam Lambung Naik

Air liur yang diproduksi secara berlebihan bisa terjadi karena naiknya asam lambung. Asam lambung ini kemudian naik sampai ke kerongkongan. Kondisi ini terjadi saat asam lambung dan air liur disalurkan ke mulut secara tiba-tiba. Biasanya kondisi satu ini sering disebut sebagai water brash. Jika gejala ini disertai dengan nyeri pada ulu hati dan merasa asam pada mulut, lebih baik segera diperiksa ke dokter.

Gigi yang Rusak

Masalah kerusakan gigi adalah masalah yang paling menganggu banyak penderitanya. Rupanya hipersaliva bisa terjadi karena kerusakan pada gigi, loh. Jika gigi kamu memiliki lubang ataupun gusi mengalami infeksi, maka produksi air liur akan meningkat tinggi. Maka dari itu, ketika sakit gigi kamu akan selalu ingin meludah.

Infeksi

Produksi air liur akan meningkat ketika tubuh kamu mengalami infeksi. Mengapa begitu? Karena ketika tubuh terinfeksi, tubuh akan menghilangkan bakteri dengan meningkatkan air saliva. Tapi tenang saja, karena hipersaliva akan berhenti ketika tubuhmu tidak lagi mengalami infeksi.

Kurang Asupan Vitamin B3

Vitamin B3 berperan dalam 400 reaksi enzimatik pada tubuh, sehingga ketika kamu kurang akan asupan vitamin B3, tubuh akan rentan terkena hipersaliva. Jika tubuh kekurangan vitamin B3, maka akan terjadi perubahan saluran pencernaan yang memicu produksi air liur yang berlebih.

Alergi

Adanya alergi pada tubuh dapat ditandai dengan kovdisi hipersaliva ini. Produksi air liur yang berlebih menandakan bahwa tubuh sedang mengintai bahan-bahan iritan yang menyebabkan alergi. Ketika banyaknya debu dan polusi yang masuk ke dalam tubuh, maka air liur meningkat untuk melawannya.

Nah Sahabat Fimela, itu dia beberapa penyebab kenapa kamu selalu ingin meludah. Sebenarnya kondisi air liur yang berlebih wajar-wajar saja karena ini adalah salah satu reaksi alami pada tubuh. Semoga bermanfaat, ya!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading