Sukses

Health

5 Makanan Pengganti Nasi yang Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui

Fimela.com, Jakarta Nasi menjadi makanan pokok hampir semua orang di tanah air. Tanpa makan nasi, rasanya kurang lengkap. Tapi nih Mom, buat Mom yang ingin makan sehat tanpa nasi, Mom bisa mengganti nasi beras dengan bahan makanan lain. 

Selain lebih sehat, makanan pengganti nasi ini dipercaya bisa melancarkan produksi ASI. makanan ini juga bisa digunakan untuk menjaga berat badan tetap ideal selama menyusui tanpa mengurangi asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. 

Mengutip dari laman parents.com, inilah sederet makanan yang bisa dimanfaatkan untuk pengganti nasi. Makanan ini sangat cocok disajikan sebagai menu sarapan atau makan siang.

Oatmeal

Makanan pertama sebagai pengganti nasi ada oatmeal. Makanan ini kaya akan zat besi, serat dna karbohidrat. Oatmeal bisa disajikan bersama bahan makanan lain seperti susu dan buah untuk dapatkan cita rasa yang lebih lezat. Oatmeal tak hanya mengenyangkan tetapi juga bisa jadi booster ASI.

Ubi Jalar

Makanan selanjutnya yang bisa jadi pengganti nasi ada ubi jalar. Makanan ini kaya akan karbohidrat di dalamnya. Ubi jalar juga kaya vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama menyusui.

Kentang

Kentang adalah makanan selanjutnya yang tinggi karbohidrat dan cocok jadi pengganti nasi selama menyusui. Sebaiknya, kentang diolah dengan cara direbus untuk dapatkan cita rasa dan nutrisi optimal di dalamnya.

Gandum dan Olahannya

Gandung dan olahannya juga bisa jadi pengganti nasi selama menyusui. Makanan ini kaya akan nutrisi. Ini bahkan dipercaya bisa memperlancar ASI. gandum juga sebagai salah satu makanan yang cocok jadi menu diet sehat bahkan oleh ibu menyusui.

Kacang-Kacangan

Aneka kacang-kacangan adalah makanan yang bisa jadi pengganti nasi selanjutnya. Kacang-kacangan rendah kolesterol namun mengandung berbagai nutrisi terbaik lain untuk tubuh. Menurut American Institute for Cancer Research, studi tentang fitokimia menunjukkan bahwa zat ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Ini juga bisa mengurangi risiko peradangan penyebab kanker.

Itulah sekian makanan yang bisa jadi pengganti nasi selama menyusui. Makanan ini tak hanya sehat untuk Mom, ini juga sangat sehat untuk buah hati. Aneka makanan ini bahkan dipercaya bisa mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati lewat ASI yang dikonsumsinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading