Sukses

Health

Ternyata Inilah Bahaya Berenang Setelah Makan

Fimela.com, Jakarta Saat pergi ke tempat wisata yang ada kolam renang, tak jarang para keluarga atau teman membawa berbagai jenis perbekalan untuk disantap disana. Tapi di saat itu juga, kita pasti sering dihimbau agar tidak langsung berenang sesaat setelah makan. Seringkali kita dihimbau untuk menunggu hingga makanan tercerna dengan sempurna dahulu.

Sebenarnya berenang setelah makan tidak apa-apa, kok, asalkan jumlah asupan makanan yang masuk ke perut tidak berlebihan. Tapi ada baiknya untuk tidak berenang setelah makan karena akan ada berbagai resiko yang datang. Melansir dari hellosehat.com, inilah bahaya yang disebabkan berenang setelah makan.

1. Heartburn

Resiko yang muncul jika berenang setelah makan adalah terjadinya heartburn. Kondisi ini muncul jika dirasa ada gejala seperti mual atau rasa tidak enak pada perut hingga dada dan kerongkongan. Hal ini terjadi karena setelah makan berlebih, apalagi dilanjutkan dengan berenang, pencernaan akan mengalami permasalahan.

Kondisi heartburn ini akan memengaruhi kegiatan berenangmu. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menjeda waktu berenang setelah makan dan makan makanan yang sehat dengan jumlah yang pas sebelum menceburkan diri ke kolam.

2. Kram pada Perut

Mengalami kram sata berenang adalah hal yang fatal. Ternyata jika kamu berenang setelah makan, dapat menyebabkan kram otot, baik di kaki, tangan, ataupun perut. Hal ini terjadi karena suhu lingkungan yang tinggi, intensitas olahraga, dan terlalu banyak minum air. 

Kram akan memperparah jika kamu tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu. Kondisi perut yang penuh dan begah akan memunculkan kram pada perut, apalagi jika kamu berenang dengan energi penuh.

3. Terasa Mual Hingga Muntah

Saat kamu langsung berenang setelah makan, kamu akan merasakan mual yang cukup parah, bahkan bisa muntah. Jika kamu ingin mengisi perut dengan makan, usahakan menjeda waktu untuk kembali masuk ke kolam, kurang lebih 30 menit setelah makan. 

Jika kamu merasa begah atau terlalu kenyang, tunggulah sebentar dan istirahatkan perut terlebih dahulu. Jangan lupa melakukan pemanasan agar dapat berenang dengan aman dan nyaman.

Itulah berbagai bahaya atau resiko yang sering muncul jika kamu nekat berenang sesaat setelah makan. Jika gejala yang muncul semakin parah, lebih baik konsultasikan ke pihak profesional. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading