Sukses

Health

6 Manfaat Teh Bunga Telang untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Bunga Telang mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat karena khasiat yang terkandung dapat bermanfaat  untuk kesehatan dan diet. Oleh karena itu, mungkin kamu pernah menemukan makeup atau teh herbal yang menggunakan Bunga Telang sebagai bahan dasarnya. Dilansir dari nutraonly.com, Bunga Telang merupakan tanaman yang merambat yang indah dengan kelopak biru terang cerah sebagai ciri khas karena dapat dimakan dan digunakan sebagai pewarna makanan alami. 

Dilansir dari healthline.com, Bunga Telang biasa juga dikenal dengan Clitoria ternatea merupakan tanaman asli Asia yang memiliki kandungan kaya akan antosianin yaitu senyawa antioksidan yang bertanggung jawab atas warna yang unik. Oleh karena itu, Bunga Telang dapat digunakan dalam kosmetik atau pewarna alami untuk makanan, minuman, dan tekstil. Selain itu, Bunga Telang juga dapat diseduh menggunakan air panas menjadi teh herbal dengan serai, madu, dan lemon sebagai pelengkap.

Bunga Telang memiliki banyak nutrisi bermanfaat bagi kesehatan seperti senyawa antosianin yang dapat memberikan rona cerah pada tanaman dan meredakan peradangan serta mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu, Bunga Telang juga mengandung Kaempferol yang memiliki sifat untuk melawan kanker dan membunuh sel kanker. Lalu, bunga ini juga mengandung asam p-Coumaric yang memiliki efek antiinflamasi, antimikroba, dan antivirus yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit. Delphinidin 3,5 glukosida yang dapat merangsang fungsi kekebalan dan menyebabkan kematian sel pada sel kanker kolorektal juga terkandung dalam bunga ini. 

Manfaat teh bunga telang bagi kesehatan

Dilansir dari mybluetea.com.au, Bunga Telang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, sebagai berikut:

Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders menunjukkan bahwa teh Bunga Telang dapat menurunkan berat badan dengan mencegah dan melawan penyakit hati berlemak dengan membakar lemak pada perut yang dapat menjadi faktor kenaikan berat badan. Selain itu, catechin epigallocatechin gallate dalam Bunga Telang dapat mempercepat proses pembakaran kalori dengan meningkatkan metabolisme. Kandungan antioksidannya yang memiliki sifat anti-inflamasi juga dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. 

Bermanfaat untuk kesehatan mata 

Teh Bunga Telang dikemas dengan salah satu antioksidan yaitu proanthocyanidin yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke kapiler mata sehingga membuat teh ini dapat mengobati kerusakan retina, glaukoma atau penglihatan kabur. 

Efektif melawan stres, kecemasan, dan depresi

Kandungan antioksidan dalam teh Bunga Telang dapat mengangkat suasana hati dan mengendurkan saraf, serta memungkinkan kamu untuk tidur lebih nyenyak. 

Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Antioksidan yang terkandung dalam teh Bunga Telang tidak hanya melindungi dari infeksi, tetapi juga dapat menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa teh tersebut efektif dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dan membatasi Hiperlipidemia. 

Dapat mencegah penuaan

Dikemas dengan antioksidan membuat teh Bunga Telang dapat bermanfaat bagi rambut, kulit, dan mencegah penuaan dini dengan melawan radikal bebas. Selain itu, teh Bunga Telang juga mengandung senyawa Antosianin yang dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan memperkuat folikel rambut. 

Bermanfaat bagi kesehatan otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh Bunga Telang dapat meningkatkan kekuatan otak, meningkatkan keterampilan kognitif dan daya ingat, dan baik untuk sistem saraf pusat (SSP). Selain itu, ekstrak teh Bunga Telang juga meningkatkan daya ingat, menyembuhkan depresi, menenangkan saraf, dan meningkatkan kemampuan kognitif. Teh Bunga Telang juga mengandung Asetilkolin merupakan senyawa yang merupakan senyawa yang berfungsi untuk komunikasi yang efektif antara sel-sel saraf dapat mencegah kehilangan memori, dan meningkatkan daya ingat. 

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading