Sukses

Health

5 Dampak Negatif Sering Melewatkan Sarapan Selain Bikin Gemuk

Fimela.com, Jakarta Sarapan merupakan aktivitas yang penting untuk dilakuka setiap harinya. Sesibuk dan sepadat apapun aktivitasmu di pagi hari, jangan sampai melewatkan sarapan. Mengutip dari laman health.com, ada beberapa dampak negatif yang berisiko pada orang-orang yang sering melewatkan sarapan pagi. Salah satu dampak paling nyata adalah kenaikan berat badan yang siginifikan. 

Berikut beberapa dampak negatif sering melewatkan sarapan pagi. Dampak ini penting untuk diwaspadai karena cukup mengerikan ke depannya. 

Meningkatkan Risiko Jantung

Dampak negatif pertama adalah meningkatkan risiko jantung. Orang-orang yang sering melewatkan sarapan pagi, akan berisiko terkena penyakit jantung 4 sampai 5 kali lebih besar dari mereka yang rutin sarapan pagi. Selain itu, kenaikan berat badan akibat melewatkan sarapan, erat kaitannya dengan kerusakan jantung serta organ penting lainnya dalam tubuh. 

Menurunkan Konsentrasi

Mereka yang sering melewatkan sarapan, juga rentan mengalami penurunan konsentrasi atau fokus. Jika kebiasaan ini berlangsung lama atau jangka panjang, ini bahkan dikaitkan dengan risiko demensia atau alzheimer di usia tua.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Kebiasaan melewatkan sarapan pagi dipercaya bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Rasa lapar karena tidak sarapan, bisa berpengaruh pada kadar gula dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan serta tidak teratur.

Menyebabkan Sakit Kepala

Menyebabkan Sakit Kepala

Studi menemukan jika kebiasaa melewatkan sarapan pagi bisa menyebabkan sakir kepala. Risiko migrain dan gangguan kesehatan lain terkait kepala, akan lebih tinggi bagi mereka yang sering melewatkan sarapan pagi. Selain itu, kebiasaan ini juga memengaruhi kadar energi dalam tubuh. Orang-orang yang sering melewatkan sarapan rentan lelah dan kurang konsentrasi meski sudah istirahat dan minum air putih cukup.

Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika kamu ingin memiliki sistem kekebalan tubuh tinggi, pastikan untuk tidak melewatkan sarapan pagi. Penelitian menemukan jika kebiasaan melewatkan sarapan pagi akan mengganggu metabolisme tubuh. Ini juga meningkatkan risiko menurunnya sistem kekebalan tubuh. 

Itulah sekian bahaya dari kebiasaan sering melewatkan sarapan pagi. Walau hanya sarapan dengan sebutir telur atau sepotong roti, pastikan untuk tak pernah melewatkan aktivitas penting ini. Pastikan untuk makin bijak dalam menerapkan pola hidup sehat sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading