Sukses

Health

4 Bahaya Konsumsi Gorengan Setiap Hari Bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak suka dengan renyah dan gurihnya gorengan? Bisa dipastikan hampir semua orang menyukai makanan ini. Saking sukanya dengan gorengan, beberapa orang bahkan menggunakan gorengan sebagai menu sarapan sehari-hari. Ia juga menggunakannya sebagai menu atau camilan yang wajib ada di meja makan setiap hari. 

Meski gorengan sangat enak, kita perlu lebih bijak dalam mengonsumsi makanan ini Sahabat Fimela. Mengutip dari lama healthline.com, konsumsi gorengan setiap hari, atau makanan yang digoreng, memberikan banyak dampak negatif buat tubuh. Konsumsi gorengan setiap hari, rentan menyebabkan beraneka ragam masalah kesehatan. 

Ada beberapa bahaya konsumsi gorengan setiap hari untuk kesehatan. Bahaya tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Menaikkan Berat Badan

Konsumsi gorengan setiap hari bisa meningkatkan berat badan. Seiring dengan berjalannya waktu, ini akan membuat berat badan terus bertambah dan tak bisa dikendalikan. Gorengan rentan menyerap minyak dengan kandungan lemak jenuh berlebih. Inilah yang rentan menyebabkan kenaikan berat badan.

Menyebabkan Kolesterol Naik

Bahaya selanjutnya adalah, kolesterol dalam tubuh bisa naik secara drastis. Naiknya kadar kolesterol, memicu berbagai risiko penyakit kardiovaskular dan mematikan. Termasuk risiko jantung, tekanan darah tinggi, diabetes hingga stroke dan sejenisnya.

Menyebabkan Kanker

Mengutip dari laman ners.unair.ac.id, konsumsi gorengan setiap hari bisa memicu munculnya sel kanker dalam tubuh. Zat akrilamida yang terbentuk dalam makanan dengan proses pemasakan bersuhu tinggi, rentan menyebabkan berbagai risiko kanker di dalam tubuh. Termasuk kanker ovarium.

Menurunkan Fungsi Otak

Bahaya dari konsumsi gorengan selajutnya yakni menurunkan fungsi otak. Studi menemukan jika orang-orang yang kelebihan konsumsi gorengan, rentan mengalami masalah pada memori atau daya ingatnya. Mereka juga rentan mengalami penurunan kemampuan berpikir dan fokus. 

Itulah sekian bahaya konsumsi gorengan setiap hari bagi kesehatan. Selain bahaya di atas, konsumsi gorengan yang berlebih juga rentan meningkatkan risiko asam urat serta penyakit kronis lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan mari lebih bijak memilih asupan nutrisi harian untuk diri sendiri pun keluarga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading