Sukses

Health

Mau Makan Gorengan saat Diet? Coba Lakukan Tips Ini, Bisa Bikin Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Saat melakukan diet seringkali banyak godaan yang muncul, salah satunya adalah godaan untuk makan gorengan. Makanan yang satu ini menjadi godaan terbesar saat Sahabat Fimela telah menerapkan diet dalam kehidupan sehari-hari. 

Makan gorengan saat diet menjadi sebuah pantangan harus harus diperhatikan karena makanan tersebut tinggi akan kalori dan dapat menimbulkan berbagai penyakit di kemudian hari. Namun, bagi Sahabat Fimela yang tetap ingin makan gorengan dikala diet kini ada cara mudah untuk menikmatinya yaitu dengan menggunakan air fryer.

Dilansir dari healthline.com air fryer merupakan penggorengan yang tidak perlu menggunakan minyak yang banyak atau deep frying, melainkan hanya dengan dispray. Alat ini bekerja dengan mengalirkan udara panas disekitar makanan untuk menghasilkan bagian luar yang renyah dan matang sempurna.

Tak hanya itu, air fryer seringkali disebut sebagai alternatif sehat untuk makanan yang digoreng karena dapat menggantikan penggorengan dengan minyak goreng. Adanya alat ini mampu mengurangi kandungan lemak dan kalori, sehingga sangat cocok untuk Sahabat Fimela yang sedang diet.

Manfaat air fryer

Dilansir dari medicalnewstoday.com selain dapat menjadi alternatif menggoreng saat diet, air fryer memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan seperti:

Mampu turunkan berat badan

Asupan gorengan yang lebih tinggi dapat menyebabkan risiko obesitas, hal ini terjadi karena makanan yang digoreng menggunakan banyak minyak cenderung tunggi lemak dan kalori.

Oleh karena itu, kehadiran air fryer mampu mengurangi asupan minyak yang tidak sehat sehingga dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Lebih aman daripada penggorengan minyak panas

Menggunakan air fryer lebih aman daripada menggoreng menggunakan wajan dengan minyak yang banyak. Meskipu, air fryer dapat menjadi panas namun Sahabat Fimela terhindar dari risiko ketumpahan minyak yang dapat membuat kulit menjadi rusak. 

Mengurangi risiko akrilamida

Menggoreng makanan dengan minyak dapat menyebabkan berkembangnya senyawa berbahaya, seperti akrilamida. Senyawa ini terbentuk dari metode memasak dengan panas yang tinggi, salah satunya menggoreng. 

Menurut Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, akrilamida dapat menjadi penyebab dari kanker endometrium, ovarium, pankreas, payudara, dan esofagus. Oleh karen itu dengan beralih ke air fryer dapat menurunkan risiko akrilamida dalam tubuh.

Mengurangi risiko penyakit

Memasak menggunakan banyak minyak cenderung tidak sehat dan dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Oleh sebab itu, dengan mengganti metode memasak menggunakan air fryer dapat mengurangi risiko penyakit terutama komplikasi. 

Tips makan gorengan saat diet

1. Buat gorengan sendiri

Gorengan menjadi godaan terbesar seseorang di kala sedang diet, namun ada cara mudah untuk mengonsumsi gorengan yaitu dengan membuat gorengan sendiri di rumah. 

Selain lebih sehat, membuat gorengan sendiri dapat membuat kita meminimalisir proses oksidasi yang terjadi pada makanan. Biasanya gorengan yang dijual di pinggir jalan telah dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, sehingga tidak sehat dan telah terkontiminasi dengan berbagai bakteri. Tak hanya itu, minyak yang digunakan pun belum tentu bersih. Oleh sebab itu, lebih baik untuk membuat gorengan sendiri di rumah daripada membeli di tempat umum. 

2. Gunakan air fryer

Untuk membuat gorengan sendiri di rumah, Sahabat Fimela dapat menggunakan air fryer karena tidak perlu menggunakan banyak minyak untuk menggoreng makanan melainkan hanya dispray. 

Tak hanya itu, dengan sejuta manfaat yang dimiliki air fryer sangat cocok untuk Sahabat Fimela yang sedang diet. Air fryer dapat membantu mengurangi kandungan lemak hingga 75 persen, sehingga Sahabat Fimela tidak perlu khawatir lagi makan gorengan saat diet. 

Salah satu menu gorengan yang dapat dicoba saat diet adalah membuat kentang goreng untuk teman menonton. Sahabat Fimela hanya perlu memasukkan kentang yang telah cuci bersih dan dipotong ke dalam wadah air fryer, kemudian atur waktu dan tunggu hingga kentang matang.

 

Penulis: Angela Marici.

#Women for Women

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading