Sukses

Health

Berbagai Manfaat Ikan Salmon, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Salmon adalah salah satu bahan makanan yang kerap menjadi favorit banyak orang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengolah bahan satu ini menjadi makanan yang nikmat dan bergizi, seperti sashimi, sushi, atau salmon rice ball. 

Selain nikmat, ikan satu ini mengandung segudang manfaat, loh. Tak heran banyak orang mengonsumsinya bukan hanya sekedar mencari kenikmatan, namun juga kesehatan. Lantas, apa saja sih manfaat dari ikan salmon? Yuk, kita bahas selengkapnya di bawah ini. 

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut berperan besar dalam menjaga kesehatan dan fungsi otak. Selain itu, kandungan omega 3 pada salmon dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan pada otak janin hingga anak-anak. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya bisa mengatasi masalah pikun atau demensia pada manusia.

2. Menurunkan Resiko Kolesterol

Selain nikmat, ikan satu ini ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan omega 3 yang dipercaya membantu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Agar efektif, hindari penggunaan minyak saat mengolah ikan salmon. 

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain sinar matahari, ikan salmon juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Kandungan vitamin D yang ada di dalam salmon, dapat meningkatkan kesehatan tulang. Tidak hanya itu, salmon mengandung kalsitonin yang dimana berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tulang agar lebih kokoh dan terhindar dari berbagai macam penyakit tulang.

4. Mencegah Gejala Depresi

Untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan mental, kamu bisa mulai mengonsumsi ikan salmon, loh. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan kandungan minyak dan omega 3 yang ada pada salmon, dapat meningkatkan suasana hati, sehingga membantu mengurangi gejala depresi atau kecemasan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Jika ingin menjaga kesehatan mata, kamu tidak perlu mengonsumsi wortel terus-menerus. Kamu bisa mencoba alternatif lain, seperti salmon. Pencegahan mata kering dan lelah, bisa diatasi dengan kandungan omega 3 yang terdapat di salmon. Dengan mengonsumsi salmon, kamu juga dijauhi dari resiko degenerasi makula ataupun kerusakan pada saraf mata. 

Nah, itu dia berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi salmon. Agar mendapat manfaat yang maksimal, kamu tentu harus memperhatikan segala aspek, seperti memilih salmon yang segar dan memilih cara yang tepat untuk mengolahnya. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading