Sukses

Health

5 Ramuan Air Rebusan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi dalam tubuh, bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Ini bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang mematikan. 

Sebenarnya, untuk mengatasi kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan konsumsi makanan serta minuman yang tepat. Termasuk mengonsumsi minuman dari ramuan air rebusan beberapa dedaunan.

Dari berbagai sumber, beberapa dedaunan dipercaya ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh. Air rebusan ini juga ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut beberapa ramuan air rebusan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Air Rebusan Daun Alpukat

Selain buah alpukat, daun alpukat juga memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sebuah studi yang berjudul Combination Effect of The Extract of Avocado Leaf and Seed (Persea americana) on Level of Total Cholesterol, LDL, and HDL in Mice (Mus musculus) with Hypercholesterolemia pada tahun 2019, disebutkan jika dalam air rebusan daun alpukat mengandung senyawa yang bisa melunturkan lemak serta kolesterol dalam tubuh. Ambil beberapa lembar daun aplukat, cuci bersih kemudian rebus dengan air secukupnya. Saring di gelas saji kemudian minum secara rutin satu kali sehari.

Air Rebusan Daun Sirsak

Daun sirsak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, energi dan kekuatan tubuh. Beberapa penelitian menemukan jika ekstrak air daun sirsak mengandung flavonoid yang bermanfaat menghambat enzim HMG CoA reduktase. Hal ini serupa dengan mekanisme kerja simvastatin dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Ambil beberapa lembar daun sirsak kemudian cuci bersih, lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Minum air rebusan daun sirsak secara rutin selama mengalami kolesterol tinggi.

Air Rebusan Daun Sirih

Ramuan untuk menurunkan kolesterol tinggi selanjutnya ada air rebusan daun sirih. Minuman ini bermanfaat kolesterol total, trigiserida, dan LDL. Tak hanya menurunkan kolesterol tinggi, air rebusan daun sirih bisa menstabilkan kolesterol baik dalam tubuh. Ini juga sebagai anti inflamasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meski begitu, hindari mengonsumsi air rebusan daun sirih secara berlebihan. Meski memiliki segudang manfaat, daun sirih juga memiliki efek samping jika ia dikonsumsi atau diaplikasikan ke tubuh secara berlebihan.

Air Rebusan Daun Kelor

Studi menemukan jika daun kelor sebagai salah satu super food yang kaya manfaatnya untuk kesehatan. Salah satu manfaat tersebut yakni menurunkan kolesterol tinggi. Selain direbus hanya dengan air dan diminum, untuk dapatkan manfaat daun kelor kita bisa memasaknya menjadi sayur bening bersama bahan lain seperti jagung muda dan wortel.

Air Rebusan Serai

Daun hingga batang serai memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan kolesterol tinggi. Serai kaya akan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini bahkan bermanfaat mengatasi masalah bau badan tak sedap. 

Itulah sekian ramuan air rebusan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat. Agar kolesterol tubuh stabil, pastikan untuk memiliki pola hidup sehat. Pastikan pula untuk istirahat dna tidur cukup setiap harinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading