Sukses

Health

7 Jenis Diet Berbahaya yang Diterapkan oleh Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Saat ini sudah semakin banyak bermunculan berbagai diet baru yang tidak jelas kebenaran dan keabsahanannya. Diet-diet tersebut hanya didasarkan pada bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat tanpa melihat sehat atau tidaknya bagi tubuh. Menurunkan berat badan memang tidaklah mudah, tetapi bukan berarti harus mengambil jalan pintas berbahaya demi mendapatkan tubuh ideal. Alih-alih menurunkan beberapa kilogram berat badan, justru mendatangkan kondisi penyakit baru. 

Jenis-jenis diet yang hanya minum air putih, makan lemak saja, ataupun makan-makanan mentah bukanlah diet yang sehat dan tidak akan bertahan dalam jangka panjang. Memang mereka akn menurunkan berat badan dengan cepat, namun apakah mereka tahu apa yang terjadi di dalam organ tubuhnya?

Diet yang benar adalah menyeimbangkan gaya hidup sehat dengan pola makan yang benar. Mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan mineral penting, mengurangi minuman manis, dan didampingi dengan rutin berolahraga, itu saja sudah cukup untuk menurunkan berat badan. Walaupun tidak menurunkan berat badan se drastis diet-diet ekstrem tersebut, tetapi hasilnya akan bertahan dalam jangka panjang dan menyehatkan tubuh. Hati-hati sahabat Fimela, jangan pernah lakukan diet berbahaya dibawah ini jika sedang berusaha menurunkan berat badan.

Diet militer

Diet militer cukup populer di kalangan masyarakat yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Ini adalah diet yang berlangsung hanya selama 3 hari namun dengan cara memotong banyak kalori makanan. Diklaim bahwa diet ini mampu menurunkan berat badan 5-10 kilo dalam kurun waktu hanya seminggu. Tidak masuk akal bukan? Memang, diet militer ini bisa menurunkan berat badan dengan cepat, namun yang terbuang hanyalah berat air. Kamu juga akan merasakan lemas kelelahan dan kelaparan yang luar biasa, yang bisa berakibat memperlambat metabolisme. Berat badan kamu juga akan kembali normal, bahkan bertambah setelah selesai menjalani diet militer ini. 

Master cleanse diet

Diet master cleanse atau dikenal dengan diet lemon menjadi sangat populer di kalangan artis hollywood karena salah satu penyanyi internasional Beyonce pernah menjalani diet ini pada tahun 2006. Pada dasarnya, diet ini melibatkan meminum campuran jus lemon, air garam, dan teh pencahar. Master cleanse ini mengklaim bahwa bisa menurunkan berat badan dalam kurun waktu 10 hari saja, mereka bekerja dengan cara mendetoksifikasi sistem pencernaan. Tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan padat dan minum alkohol, jadi hanya minum campuran jus lemon saja setiap hari. Tentu saja berat badan akan turun secara drastis karena tidak ada asupan makanan yang masuk. Kamu juga akan kehilangan banyak nutrisi yang seharusnya dipenuhi tiap harinya. 

Diet Bola Kapas

Mendengarnya saja sudah bisa membuat geleng-geleng kepal, tak habis pikir mengapa banyak orang yang masih percaya bahwa itu aman dan efektif. Sesuai dengan namanya, diet bola kapas, diet ini mengharuskan mereka untuk memasukkan beberapa bola kapas ke dalam minuman jus untuk membantu merasa kenyang tanpa mengonsumsi makanan. Sudah jelas-jelas kapas adalah benda padat untuk membersihkan kotoran tau debu, dengan memakannnya bisa menyumbat saluran usus. Melansir dari Healthline, kapas diproduksi dengan pemutih dan bahan kimia lainnya, proses ini yang menghasilkan dioksin. 

Diet kopi

Diet yang satu ini adalah memberbanyak minum kopi untuk membantu membuat perut kenyang berkepanjangan. Pada dasarnya kopi memang bisa menahan nafsu makan dan membuat tubuh terasa kenyang, namun kopi tidak bisa digantikan dengan makanan pokok, kamu perlu mengonsumsi makanan padat untuk mendapatkan energi dan nutrisi. Kafein pada kopi pun bisa meningkatkan tekanan darah, berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, mengonsumsi kopi juga akan membuat perut sembelit karena kandungan kafein yang tinggi di dalamnya. 

Diet jus

Serupa dengan diet master cleanse Beyonce, diet jus juga menjadi populer di kalangan selebriti dan media sosial. Diet ini bekerja sebagai pembersihan atau detoks tubuh. Selama pembersihan, kamu hanya boleh minum jus buah dan sayur selama beberapa hari. Berat badanmu akan terbukti turun, namun tidak dengan kondisi gula, atau kolesterolmu. Meskipun buah dan sayuran adalah makanan yang sangat menyehatkan, namun mereka kurang akan nutrisi protein. Kamu tidak akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk bertenaga.

Diet makanan bayi

Terdengar sedikit menjijikan, namun nyata adanya. Banyak dilakukan oleh orang dewasa untuk menurunkan berat badan. Melansir dari WebMD, melihat kalori dari makanan bayi yang sangat rendah, mereka diharuskan untuk mengonsumsi 14 makanan bayi kemasan sebagai pengganti sarapan dan makan malam. Pada dasarnya bayi dan orang dewasa memiliki kebutuhan kalori yang sangat berbeda. Makanan bayi juga tidak memiliki nutrisi protein yang tinggi di dalamnya, sehingga orang yang menjalani diet ini akan kekurangan tenaga dari protein. Lagipula sesuai namanya adalah makanan bayi, berarti ditujukan untuk anak bayi, bukan orang dewasa.

Diet keto

Diet yang satu ini adalah diet yang lumayan banyak dijalani dan dipercaya oleh masyarakat luas. Diet keto adalah jenis diet yang mengurangi banyak karbohidrat dan mengonsumsi banyak lemak. Seseorang yang kekurangan karbohidrat akan mengalami ketosis. Selama ketosis, tubuh akan merubah lemak menjadi sumber energi, ini akan berbahaya jika berlebihan. Dikutip dari NCBI, efek samping jangka panjang yang akan berisiko didapatkan jika menjalani diet keto adalah steatosis hati, hipoproteinemia, batu ginjal, dan kekurangan vitamin serta mineral.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading