Sukses

Health

Selain Menurunkan Kolesterol, Inilah Manfaat Lainnya dari Sawi bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Sawi adalah sayuran favorit bagi masyarakat lokal karena rasanya yang serta serta teksturnya yang garing. Sayuran satu ini dapat dipadukan dengan berbagai jenis lauk, seperti mi ayam ataupun tumisan. Tidak hanya dari segi tekstur dan rasa, tampilan hijau segarnya pun cukup memuaskan mata. 

Di samping itu semua, sawi banyak dikonsumsi orang karena manfaatnya. Bagi penderita kolesterol, sayuran ini sering disarankan untuk menjadi obat penurun kolesterol. Namun selain untuk menurunkan kolesterol, sawi masih memiliki manfaat lainnya. Apa saja manfaat itu? Mengutip dari laman halodoc.com, inilah manfaat sawi bagi kesehatan.

1. Melancarkan Saluran Pernapasan

Beberapa hari terakhir ini, cuaca sedang tidak mendukung sehingga tubuh rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, sawi adalah pilihan yang tepat sebagai sayuran penangkal flu. Sayuran ini mengandung vitamin C yang dipercaya mampu merdekakan peradangan karena sinus. Sawi juga menjadi sayuran yang bermanfaat untuk mengurangi resiko asma. Jika kamu memiliki masalah pernafasan, sawi dapat mengatasi hal tersebut.

2. Mengurangi Resiko Kanker

Sawi mengandung antioksidan dan senyawa glukosinolat yang dipercaya dapat mengurangi resiko gejala kanker. Senyawa glukosinolat sendiri dapat memberi perlindungan penuh terhadap sel dari berbagai masalah kerusakan DNA. Selain itu, glukosinolat mampu mencegah pembentukan sel kanker pada tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sawi memiliki kandungan yang dapat melindungi kesehatan jantung, yaitu beta karoten dan flavonoid. Kandungan tersebut mampu mencegah resiko kematian yang terjadi karena penyakit jantung. Tak hanya itu saja, ternyata sayuran hijau seperti sawi dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 15 persen.

4. Mendetoks Tubuh

Agar terhindar dari berbagai masalah atau penyakit, tubuh perlu didetoks dari penumpukan racun dari makanan yang telah dikonsumsi. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan racun sehingga tetap menjaga kesehatan hati dan saluran pencernaan. Maka dari itu, kamu bisa mengonsumsi sawi karena sayuran ini mengandung antioksidan yang mampu mengeluarkan racun melalui proses buang air besar. Selain antioksidan, sawi memiliki kandungan klorofil yang mampu menetralkan bahan kimia dan logam berat pada tubuh.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sawi berperan penting untuk mengikat empedu pada pencernaan sehingga dapat mencegah terjadinya reabsorbsi asam empedu. Dengan hal tersebut, maka kadar kolesterol dalam darah pun akan menurun. Hal ini dapat terwujud jika kamu mengolah sawi dengan benar, seperti dengan mengukusnya. Hal ini efektif untuk menurunkan kolesterol bagi para penderitanya. 

Itu dia 5 manfaat dari sawi yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Wujudkan hidup sehat dengan rutin mengonsumsi sayur-sayuran, salah satunya sawi. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading