Sukses

Health

5 Sayuran Enak Bergizi yang Bermanfaat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh harus diwaspadai. Ketika kolesterol sudah sangat tinggi dan kamu tak menyadari, ini rentan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Kolesterol tinggi bisa memicu risiko jantung yang lebih besar. Untuk itu, penting bagi kamu yang punya kolesterol tinggi, agar lebih hati-hati dalam memilih beragam makanan yang dikonsumsi setiap hari. 

Sebaiknya, penderita kolesterol tinggi menghindari aneka makanan yang memicu naiknya kolesterol, dan memilih mengonsumsi aneka makanan yang bermanfaat menurunkan kolesterol. Mengutip dari laman healthshots.com, beberapa makanan termasuk jenis sayuran tertentu, dipercaya ampuh turunkan kadar kolesterol tinggi. Studi juga menemukan jika sayuran ini tinggi antioksidan yang sangat baik buat kesehatan. 

Berikut beberapa sayuran enak bergizi yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Terong

Sayuran pertama sebagai penurun kolesterol ada terong. Baik terong ungu, terong bulat dan terong hijau, semuanya memiliki nutrisi yang ampuh turunkan kolesterol. Agar khasiat dari terong maksimal, masak terong dengan cara direbus atau dikukus sebelum dikonsumsi. 

Brokoli

Sayur brokoli adalah salah satu sayuran yang dijuluki superfood. Sayuran ini tinggi protein, kaya vitamin dan nutrisi terbaik buat tubuh. Brokoli hijau atau pun putih, keduanya juga memilikki senyawa tertentu yang diklaim ampuh turunkan kadar kolesterol tinggi. Untuk dapatkan hasil yang maksimal dari khasiat brokoli, sebaiknya sayuran ini dimasak bersama jenis superfood lain antaranya wortel.

Okra

Okra adalah sayuran yang kaya vitamin dan nutrisi di dalamnya. Okra memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Salah satu manfaat tersebut yakni menurunkan kolesterol tinggi. Okra bisa dimasak dengan cara ditumis atau cukup direbus.

Kale

Sayur kale adalah sayuran hijau yang ampuh menurunkan kolesterol. Sayuran ini juga tak menimbulkan efek buruk lain bagi tubuh. Kale aman untuk dikonsumsi sehari-hari oleh penderita kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi maupun masalah kesehatan lain yang cukup serius.

Seledri

Seledri juga menjadi sayuran yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi. Ditambahkan dalam masakan sayur bening atau dibuat minuman berupa jus, khasiat seledri sebagai penurun kolesterol tak perlu diragukan lagi. Tak heran jika selama ini seledri juga sebagai salah satu bumbu wajib di beberapa menu masakan daging serta makanan dengan kandungan koelsterol tinggi lainnya. 

Itulah sekian sayuran yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi. Konsumsi sayuran ini saja tak cukup untuk bantu menurunkan kolesterol secara optimal Sahabat Fimela. Ini juga perlu didukung penerapan pola hidup yang lebih sehat, olahraga dan istirahat cukup setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading