Sukses

Health

5 Pilihan Olahraga yang Aman Untuk Penderita Sakit Maag

Fimela.com, Jakarta Sakit perut adalah salah satu permasalahan kesehatan yang paling umum terjadi dan dialami oleh banyak orang. Sakit perut juga bisa dibilang merupakan penyakit yang cukup ringan. Biasanya sakit perut bisa sembuh dengan pengobatan sederhana, misalnya dengan mengonsumsiĀ obatĀ antimual atau antimuntah, banyak minum air putih dan istirahat yang cukup. Meskipun demikian, sakit perut tidak boleh diremehkan.

Sakit perut sebenarnya bisa mengindikasikan berbagai penyakit, misalnya berkaitan dengan usus atau lambung. Sakit perut yang berkaitan dengan lambung umumnya adalah maag atauĀ gastritis. Kedua penyakit ini termasuk penyakit yang cukup populer dan diderita oleh banyak orang. Namun penyakit ini tidak bisa dibilang ringan atau bisa diremehkan.

Meskipun memiliki riwayat sakit maag, namun bukan berarti kamu tidak bisa berolahraga. Olahraga justru tetap harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit lainnya. Namun penderita maag tidak boleh sembarangan melakukan olahraga. Berikut 5 pilihan olahraga yang aman untuk penderita maag.

1. Berenang

Berenang bisa jadi salah satu pilihan olahraga untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit maag. Gerakan saat berenang tidak memberi tekanan pada perut sehingga mengurangi risiko gejala asam lambung. Namun perlu diingat, kamu tidak boleh langsung berenang setelah makan ya, Sahabat Fimela.

2. Senam

Selain berenang, kamu juga bisa memilih senam sebagai salah satu pilihan olahraga yang ramah bagi penderita maag. Namun kamu perlu ingat juga untuk melakukan senam yang ringan saja. Hal ini dikarenakan senam dengan intensitas yang tinggi bisa meningkatkan risiko gejala asam lambung.

3. Yoga

Kalau menyebutkan mengenai olahraga ringan, yoga pasti termasuk salah satunya. Yoga juga bisa jadi pilihan kalau kamu ingin berolahraga meskipun kamu punya riwayat penyakit maag.Ā Olahraga ini baik dilakukan karena peregangan otot di sekitar perut akan mengurangi tekanan di dalam lambung. Selain itu dapat mengurangi tingkat stres, karena stres dipercaya dapat mengganggu sistem pencernaan seperti maag.

4. Jalan Santai

Penderita maag disarankan untuk melakukan olahraga yang ringan dan tidak banyak gerakan. Maka dari itu, jalan santai adalah ide yang bagus. Gerakan yang terlalu cepat akan membuat otot tegang sehingga perut mendapat banyak tekanan. Dibanding lari, sebaiknya lakukan jalan santai saja. Dengan olahraga ini, penyakit maag akan mudah dikontrol.

5. Bersepeda

Olahraga terakhir yang tepat untuk penderita asam lambung adalah bersepeda. Kamu bisa melakukannya dengan intensitas rendah, mungkin seperti bersepeda mengelilingi komplek secara santai. Jika dilakukan secara teratur, maka akan menstabilkan berat badan dan mengontrol penyakit maag. Gunakan pakaian yang cukup longgar dan nyaman agar tidak menimbulkan tekanan pada perut ya, Sahabat Fimela.

Itulah 5 pilihan olahraga ringan yang aman untuk penderita maag. Kamu suka melakukan yang mana, Sahabat Fimela?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading