Sukses

Health

Memahami Cara Kerja Inner Child sebagai Sarana Penyembuhan Diri yang Menyenangkan

Fimela.com, Jakarta Tak satu pun dari kita yang terlahir dewasa. Kita harus mempelajari segalanya saat kita tumbuh.

Anak-anak melakukannya dengan dua cara yang sangat efektif, yaitu mengalami dan bermain. Bagi orang dewasa yang ingin terus belajar dan tumbuh dengan gembira, untuk berkembang di duia yang cepat berubah, mungkin inilah saatnya untuk berhubungan kembali dengan inner child.

Padahal hidup seseorang tidak ada yang sempurna. Bagi sebagian orang, berhubungan kembali dengan inner child mungkin juga memerlukan menghadapi beberapa emosi yang lebih sulit.

Sebagai anak, kita memerankan pengalaman, pikiran, perasaan, dan impian melalui permainan. Kreativitas kita menjadi dasar bagaimana kita mempersiapkan diri menghadapi dunia nyata.

Masa remaja adalah masa penemuan, tapi juga bisa menyakitkan. Saat kita tumbuh, kita mulai mengembangkan harapan akan dunia.

Terkadang, harapan ini mengecewakan kita. Kita memiliki hati yang hancur, mengalami frustasi, memiliki impian yang tidak terwujud, dan pada titik tertentu, banyak dari kita berhenti bermain dan mulai membiarkan pengalaman kita menentukan siapa kita dan apa yang kita inginkan.

Keseimbangan bergeser saat kita berhenti bermain. Pada saat inilah, kita menghabiskan sedikit waktu untuk membayangkan apa yang bisa terjadi dan fokus pada apa yang didapatkan dari pengalaman.

Banyak dari kita tidak pernah meluangkan waktu untuk berhubungan kembali dengan bagian diri kita ini. Memahami pekerjaan inner child bisa membantu kita menyembuhkan luka lama dan memungkinkan kita untuk bermain lagi.

Pekerjaan ini membuka kreativitas, kegembiraan, semangat, dan potensi kita. Dilansir dari betterup.com, berikut ini adalah beberapa cara memahami inner child sebagai sarana penyembuhan diri yang menyenangkan.

Saat memulai pekerjaan penyembuhan inner child, kita memasuki bagian diri kita yang rentan dan mudah dipengaruhi. Kita bisa menjadi dewasa dan anak-anak, memberikan cinta tanpa syarat, belas kasih, dan dukungan diri.

 

 

Apa artinya menyembuhkan inner child?

Ini adalah rollercoaster emosional dan sudah menjadi sifat manusia untuk ingin melindungi diri dari rasa sakit. Saat kamu mulai bekerja untuk menyembuhkan inner child, kamu seperti kembali ke masa lalu, secara emosional dan mental, ke peristiwa traumatis.

Kamu bisa memahami bagaimana perasaan inner childmu dari sudut pandang orang dewasa. Dengan itu, dirimu yang dewasa bisa mulai mengurai mekanisme kopi yang dibuat oleh dirimu yang berusia lebih muda untuk melindungimu dari trauma lebih lanjut.

Manfaat menyembuhkan inner child

Manfaat mendasar dari menyembuhkan inner child adalah mengembangkan kesadaran diri. Saat kamu mengembangkan kesadaran diri yang lebih besar, beberapa manfaat lain dari penyembuhan inner child meliputi memahami bagaimana trauma masa lalu memengaruhi perilakumu saat ini, mengembangkan mekanisme koping yang sehat, berhubungan kembali dengan hasrat, impian, dan bakat yang telah dikesampingkan, merasa berdaya dan mengendalikan hidup, pengaturan emosi yang lebih baik, serta meningkatkan harga diri, welas asih, dan kasih sayang untuk orang lain.

Apa yang menyebabkan inner child terluka?

Ada banyak situasi berbeda yang bisa menyebabkan inner child terluka. Pikirkan kembali saat kamu masih muda.

Beberapa rasa sakit, seperti mainan yang diinginkan tapi tidak kamu dapatkan, atau yang lebih berat seperti penganiayaan fisik dan pengabaian emosional. Tidak mungkin membuat daftar semua keadaan yang mungkin telah diinternalisasi oleh dirimu yang lebih muda.

Namun, kemungkinan besar jika kamu memiliki trauma masa kecil, efeknya terlihat jelas dalam hidupmu saat ini. Beberapa tanda bahwa inner childmu membutuhkan penyembuhan adalah frustasi, reaksi besar terhadap kebutuhan yang tidak terpenuhi, ledakan kekanak-kanakan, mengeluh bahwa tidak ada yang mengerti kamu atau kamu merasa tidak didengarkan, kesulitan menjelaskan perasaan, rendah diri, mengkritisi batin dengan keras, ketidakdewasaan, pola sabotase diri, takut ditinggalkan atau masalah komitmen, dan selalu merasa tertantang untuk menetapkan batasan atau mengekspresikan kebutuhanmu.

Jika kamu mengenali salah satu pola ini dalam dirimu, luka masa kecil mungkin penyebabnya. Melihat cara inner childmu membutuhkan dukungan bisa membantumu menyelesaikan pola-pola ini sebagai orang dewasa.

Bagaimana cara saya memulai penyembuhan inner child?

1. Dengarkan dirimu sendiri

2. Bermeditasi

3. Menciptakan cara pengasuhan yang baru

4. Mencoba terapi inner child

5. Membayangkan kembali ke masa kecilmu

6. Berbicara dengan orang yang kamu cintai

7. Mengingat cara bermain

Bagian dari penyembuhan inner child adalah menyembuhkan luka emosional dan memulihkan otot bermain. Sebagai orang dewasa, kreativitas dan kegembiraan kita sangat tidak praktis.

Kita berhenti mengambil risiko karena kita tidak ingin gagal, Tapi jika tidak mengambil risiko, kita tidak belajar, jadi kita sebenarnya membuat diri kita lebih mungkin untuk gagal.

Penyembuhan inner child bisa memulihkan bagian dari diri kita yang merasa bebas dan tidak takut gagal. Pertanyaan ampuh untuk membuat dirimu berpikir adalah, 'Apa yang akan aku lakukan jika aku tidak mengkhawatirkan apa yang akan dipikirkan orang lain?'

Mudah terjebak dalam ekspektasi orang lain dan membiarkannya menenggelamkan suara batin kita sendiri, sehingga kita melupakan apa yang kita inginkan untuk diri sendiri. Kreativitas bukan hanya tentang bersenang-senang, berpikir kreatif adalah salah satu keterampilan yang paling dicari di tahun 2020.

Penyembuhan inner child bisa membantumu membawa lebih banyak kreativitas. Saat kamu bebas dari rasa takut, kamu tidak hanya menjadi lebih inovatif dan berani, tapi juga menjadi lebih tangguh karena kamu mulai mempercayai kemampuanmu untuk mengatasi hal-hal yang tidak berjalan sesuai keinginan.

Jika kamu merasa frustasi, marah, atau mandek, mungkin inner childmu yang meminta dukungan. Memahami bagaimana pengalaman traumatismu memengaruhi pilihanmu hari ini bisa membantumu melepaskan diri.

Penyembuhan inner child memiliki manfaat emosional yang penting, tapi juga membuat perbedaan besar dalam hubungan dan pekerjaanmu. Sudahkah kamu siap untuk memulai penyembuhan inner child?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading