Sukses

Health

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Mengalami Menopause, Perempuan Wajib Tahu!

Fimela.com, Jakarta Bagi perempuan perubahan hormon yang bersangkutan pada kesehatan organ reproduksi tidak hanya terjadi saat menstruasi, namun juga saat mengalami menopause. Bagi kebanyakan perempuan gejala menopause yang tidak nyaman dapat berlangsung selama beberapa tahun karena penurunan estrogen. Estrogen yang terus menurun akan mengganggu metabolisme dan menyebabkan penambahan berat badan, perubahan kolesterol, hingga gula darah. Hal ini tentu dapat menimbulkan penyakit baru bila tidak ditangani dengan baik.

Ahli diet mengatakan pada Mindbodygreen bahwa selama masa menopause perempuan harus lebih teliti dalam memilih makanan. Bila tidak maka akan berpengaruh pada kesehatan. Berikut daftar makanan yang baik dikonsumsi selama masa menopause.

1. Susu dan Keju

Susu, yogurt, hingga keju dengan kadar air rendah merupakan sumber kalsium yang sempurna. Selama masa menopause, kalsium dalam tulang akan berkurang yang berpotensi menyebabkan tulang keropos. Karena itu mengonsumsi makanan dengan kalsium tinggi sangat diperlukan. Selain itu probiotik pada yogurt juga baik untuk tulang dan usus. 

2. Biji-Bijian

Biji-bijian utuh berfungsi untuk mengelola fluktuasi gula darah. Kamu dapat mengonsumsi biji-bijian utuh seperti beras merah hingga makanan dari tepung gandum. Konsumsilah dengan porsi yang tidak berlebihan agar tidak berpengaruh pada karbohidrat yang terlalu tinggi.

3. Sayur dan Buah

Tak dipungkiri sayur dan buah adalah jenis makanan yang penting untuk dikonsumsi demi kesehatan tubuh. Pada masa menopause, mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah pas akan lebih baik. Sayuran dapat membantu stabilisasi gula darah dan sayuran berserat tinggi dapat meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Selain itu buah-buahan juga merupakan sumber serat yang baik tetapi harus dikonsumsi dalam jumlah sedang, karena terlalu banyak buah dapat meningkatkan gula darah.

4. Protein Hewan Tanpa Lemak

Protein tanpa lemak pada daging hewan dapat membantu mengurangi penurunan massa otot seiring bertambahnya usia. Dengan hilangnya kalsium akan berpengaruh pada kepadatan tulang. karena itu protein makanan cukup penting untuk menjaga massa otot yang pada akhirnya berkontribusi mencegah patah tulang. Kamu dapat mengonsumsi telur, ikan teri, hingga ikan salmon.

5. Makanan yang Mengandung Fitoestrogen

Fitoestrogen adalah senyawa dalam makanan yang bertindak sebagai estrogen dalam tubuh. Penelitian menunjukkan makanan yang mengandung fitoestrogen penting dikonsumsi oleh perempuan selama masa menopause maupun sejak munculnya gejala menopause. Makanan yang secara alami mengandung fitoestrogen antara lain kedelai, buncis, kacang tanah, anggur, buah beri, plum, hingga teh hijau. 

Menjaga kesehatan sangatlah penting yang dapat dimulai dari cermat dalam memilih asupan makanan. Mulai konsumsi jenis makanan di atas dari sekarang pun akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading