Sukses

Health

Jangan Diabaikan, Ini Tanda Tubuh Kamu Terlalu Banyak Makan Gula

Fimela.com, Jakarta Gula merupakan sumber energi yang penting dan vital untuk hidup. Namun, semua gula tentu tidak sama kandungannya. Gula alami yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran dan juga laktosa dalam kandungan susu tidak perlu dikhawatirkan karena makanan ini memiliki banyak serat dan kalsium untuk tubuh. 

Gula yang berbahaya adalah gula yang ditemukan pada olahan makanan sebagai tambahan. Lalu bagaimana caranya tahu bahwa tubuh sudah terlalu banyak makan gula? Dilansir dari eat this dan everyday health (1/8) berikut ini tanda bahwa tubuh kamu sudah terlalu banyak makan gula.

Kulit keriput sebelum waktunya

Gula telah terbukti dapat mempercepat penuaan kulit. Terlalu banyak gula dalam makanan berekasi dengan protein dalam aliran darah kamu dan kemudian membentuk produksi glikasi lanjut (AGEs). Ini dapat merusak protein struktural dalam kolagen dan elastin kulit yang berfungsi untuk melenturkan kulit dan kenyal.

Tekanan darah tinggi

Jika kamu menderita darah tinggi, mungkin salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak gula tambahan dalam makanan yang kamu konsumsi. Glukosa yang tinggi dapat merusak lapisan pembuluh darah sehingga mudah bagi lipid seperti kolesterol untuk menempel pada pembuluh darah. Akibatnya pembuluh darah menjadi keras dan tekanan darah menjadi naik. 

Selalu merasa lapar

Kandungan gula menyebabkan gula darah melonjak dan cepat turun sehingga kamu lebih sering merasa lapar. Biasanya kamu membutuhkan lebih banyak gula untuk mengembalikannya. Gula yang tidak mengandung serat atau protein, gula tidak akan mengenyangkan. 

Gangguan otak

Konsumsi gula terlalu banyak dapat menyebabkan masalah dengan fokus, konsentrasi, memoir dan kejernihan mental. Walaupun glukosa sumber bahan bakar utama otak, namun jumlah yang tidak wajar dapat menyebabkan kadar glukosa tinggi dan menimbulkan efek inflamasi di otak. Hal ini berdampak pada fungsi kognitif dan suasana hati. 

Tidur tidak nyenyak

Makan makanan yang mengandung banyak tambahan gula seperti kue atau cupcake akan membuat kamu sulit tidur dalam jangka pendek. Hal ini disebabkan gula memberikan dorongan energi meningkatkan gula darah yang membuat kamu jadi sulit tidur. Jika kamu bisa tertidur mungkin tidur yang kamu dapatkan tidak nyenyak. 

Mudah lelah dan rendah energi

Gula mudah dicerna dan diserap, jika kamu merasa lelah mungkin itu disebabkan oleh gula yang kamu makan. Gula merupakan sumber energi yang cepat, seberapa cepat kamu makan maka dalam 30 menit kamu akan lapar lagi. Perubahan besar gula darah dan juga insulin menyebabkan tingkat energi anjlok dan mempengaruhi tingkat energi keseluruhan. 

Sahabat Fimela, demikian tanda bahwa tubuh kamu terlalu banyak makan gula. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading