Sukses

Health

Cek Kolesterol Normal pada Perempuan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Fimela.com, Jakarta Kolesterol memiliki peran penting dalam pembentukan membran sel, sintesis hormon, dan produksi vitamin D. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat memberikan risiko serius bagi kesehatan, terutama terkait penyakit jantung. Penting bagi perempuan untuk memahami tentang kolesterol normal dan menjaga kadar kolesterol yang sehat.

Kolesterol total mengacu pada jumlah keseluruhan kolesterol dalam darah, termasuk baik LDL maupun HDL. Rentang kolesterol normal dapat berbeda tergantung pada faktor usia, jenis kelamin, dan faktor risiko lainnya. Kolesterol normal untuk perempuan dapat dipengaruhi berdasarkan usia, faktor genetik, gaya hidup, dan kondisi kesehatan.

Sahabat Fimela bisa mulai mengubah pola hidup menjadi lebih baik untuk menjaga kolesterol tetap normal. Lakukan cek kesehatan secara rutin juga. Yuk ketahui lebih lanjut tentang kolesterol normal pada perempuan:

Kadar Kolesterol Pada Perempuan

Kolesterol normal untuk perempuan dapat diukur berdasarkan usia, faktor genetik, gaya hidup, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Umumnya, perempuan cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah daripada laki-laki, sebelum mengalami menopause. Namun, setelah menopause, kadar kolesterol perempuan dapat meningkat secara bertahap dan menyamai atau bahkan melebihi kadar kolesterol laki-laki.

Selama masa kehamilan, kadar kolesterol perempuan juga dapat berfluktuasi. Penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya kadar kolesterol selama kehamilan adalah hal yang normal, tetapi tetap harus dipastikan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin. Berikut adalah rentang kadar kolesterol yang dianggap normal bagi perempuan dewasa:

Kolesterol Total:

  • Kolesterol total yang diinginkan adalah kurang dari 200 mg/dL.

LDL Cholesterol:

  • Kolesterol LDL yang optimal adalah kurang dari 100 mg/dL.
  • Kolesterol LDL yang mendekati optimal atau di atas optimal adalah 100-129 mg/dL.
  • Kolesterol LDL yang berada dalam kisaran sedang tinggi adalah 130-159 mg/dL.
  • Kolesterol LDL yang tinggi adalah 160-189 mg/dL.
  • Kolesterol LDL yang sangat tinggi adalah 190 mg/dL atau lebih tinggi.

HDL Cholesterol:

  • Kolesterol HDL yang rendah adalah kurang dari 50 mg/dL.
  • Kolesterol HDL yang tinggi adalah 50 mg/dL atau lebih tinggi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading