Sukses

Health

5 Manfaat Melakukan Hot Yoga, Sepadankah dengan Keringat yang Keluar?

Fimela.com, Jakarta Hot Yoga adalah melakukan yoga dalam lingkungan yang panasnya dikontrol. Seorang pelatih yoga bertugas menaikkan dan menurunkan suhu ruangan, biasanya antara 85-100 derajat fahrenheit. Terkadang bisa lebih panas. 

Latihan yoga sendiri secara umum sudah memiliki banyak manfaat seperti penurunan tingkat stress dan kecemasan, meningkatkan keseimbangan dan rasa tenang. Lalu, bagaimana dengan latihan hot yoga? Dilansir dari cnet dan medicalnewstoday (30/8) berikut ini adalah 5 manfaat melakukan hot yoga.

Kesehatan kardiovaskular

Suhu tinggi dalam hot yoga membuatnya lebih intens daripada kelas yoga biasa. Hal ini akan membuat jantung, paru-paru, serta otot bekerja lebih keras dan meningkatkan metabolisme. Hot yoga dapat menjadi teknis stress panas yang efektif untuk meningkatkan volume plasma dan kinerja kardiovaskular. 

Lebih banyak keringat

Hot yoga pasti akan membuat tubuh kamu berkeringat banyak. Meskipun berkeringat terdengar baik untuk tubuh, tetapi manfaat hot yoga bukanlah sebagai detoksifikasi. Tujuan utama berkeringat dalam hot yoga ini adalah untuk mendinginkan tubuh. Namun, ini tidak berarti kamu tidak akan merasakan perasaan lepas atau berkeringat seperti yang kamu rasakan saat berolahraga intens.

Meningkatkan kesehatan mental

Sebagian orang beranggapan yoga sebagai cara yang efektif untuk bersantai dan meningkatkan kesehatan mental. American Psychological Association mengakui jenis latihan hot yoga ini sebagai cara yang efektif untuk mengurangi gejala depresi. Hot yoga meningkatkan fungsi fisik, kesehatan mental dan variabilitas detak jantung pada orang yang mengalami trauma akibat rasa sakit terus menerus. 

Meningkatkan fleksibilitas

Manfaat yang paling menonjol dari hot yoga adalah perasaan fleksibilitas yang besar. Rasa panas memungkinkan jaringan lunak tubuh menjadi rileks dalam waktu yang lebih singkat daripada di ruangan yang tidak ada pemanas. Beberapa pose dan posisi mungkin menjadi sedikit lebih mudah di akses karena meningkatkan kelenturan ini.

Sirkulasi yang baik

Panas pada latihan hot yoga memberikan keajaiban pada kemampuan tubuh untuk mengedarkan darah. Dikombinasikan dengan peningkatan oksigen, tubuh mengirim darah ke otot dengan lebih efisien. Panas juga memberikan tantangan tambahan bagi tubuh, dengan manfaat yang sesuai untuk kesehatan jantung.

Sahabat Fimela, demikian 5 manfaat melakukan hot yoga. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading