Sukses

Health

7 Pantangan Makanan untuk Pemilik Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Sahabat Fimela bisa melakukan perubahan pada pola makan untuk mencegah penyakit serius. Karena ada beberapa jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Pada dasarnya, kolesterol adalah senyawa lemak yang dihasilkan oleh hati dan juga ditemukan dalam makanan tertentu. Kolesterol merupakan komponen utama dalam lapisan luar membran sel, yang berfungsi sebagai pengatur aliran zat-zat masuk dan keluar sel. Jika kolesterol jahat lebih banyak dibanding kolesterol baik, maka akan mengakibatkan penumpukan plak di pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung.

Sebaiknya tetap berkonsultasi dengan ahli gizi atau profesional kesehatan untuk mengatur pola makan yang tepat dan terhindar dari kolesterol. Karena kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda. Berikut pantangan makanan untuk pemilik kolesterol tinggi:

Pantangan Makanan

1. Makanan Olahan Tinggi Gula

Makanan olahan tinggi gula seperti minuman bersoda, permen, dan makanan manis olahan, dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan peningkatan kadar kolesterol jahat. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan risiko penyakit jantung. Ganti makanan olahan tinggi gula dengan sumber karbohidrat kompleks yang lebih sehat.

2. Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana seperti roti putih dan nasi berbutir halus memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat mempengaruhi kadar gula darah dan kolesterol. Lebih baik memilih karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, seperti gandum utuh, oat, dan kacang-kacangan. Sehingga kadar kolesterolnya lebih rendah dan baik untuk kesehatan jantung.

3. Daging Merah Berlemak dan Produk Olahan Daging

Daging merah berlemak seperti daging sapi dan daging babi dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Produk olahan daging seperti sosis, daging asap, dan ham juga sering kali mengandung lemak jenuh dan natrium berlebih. Mengurangi konsumsi daging merah dan produk olahan daging serta memilih sumber protein lain, seperti ikan dan kacang-kacangan, dapat membantu mengontrol kadar kolesterol.

4. Telur

Telur mengandung kolesterol tinggi dalam kuning telurnya. Ada baiknya untuk mengurangi mengonsumsi kuning telur. Gantilah dengan protein nabati yang lebih baik untuk kesehatan jantung.

Pantangan Makanan

5. Makanan Tinggi Kolesterol Lainnya

Selain telur, beberapa makanan lain juga mengandung kolesterol tinggi, seperti jeroan dan kerang. Meskipun kandungan kolesterol dalam makanan tidak selalu memiliki dampak langsung pada kolesterol darah, sebaiknya konsumsi makanan-makanan ini dalam jumlah terbatas.

6. Makanan Cepat Saji dan Gorengan

Makanan cepat saji dan gorengan sering kali mengandung lemak jenuh dan trans dalam jumlah besar, yang menyebabkan penumpukan kolesterol. Lemak-lemak ini dapat merusak keseimbangan lipid dan berkontribusi pada penyakit kardiovaskular. Lebih baik menghindari makanan ini dan memilih metode memasak yang lebih sehat.

7. Garam Berlebih

Meskipun bukan faktor utama yang menyebabkan meningkatnya kolesterol, namun konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Lebih baik mengurangi asupan garam dan memilih makanan yang rendah garam untuk menjaga kesehatan jantung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading