Sukses

Health

4 Alasan Olahraga dapat Meningkatkan Mood dan Energi

Fimela.com, Jakarta Kamu merasa lelah, lesu dan mengantuk? Kamu membutuhkan lebih banyak energi untuk mengerjakan daftar tugas? Jika iya maka kamu bisa pergi ke sebuah gym untuk berolahraga alih-alih meminum secangkir kopi extra atau membuat alarm untuk terbangun. 

Olahraga memiliki manfaat untuk tingkat energi dan terbagi menjadi dua. Olahraga untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan san juga suasana hati. Kedua hal ini tentu berkontribusi pada kesejahteraan dan kesehatan secara menyeluruh. Dilansir everydayhealth (31/8) ini alasan mengapa olahraga dapat meningkatkan mood dan energi.

1. Meningkatkan kadar endorfin

Endorfin adalah zat kimia hormon atau saraf di otak yang diproduksi dan disimpan di hipotalamus otak dan kelenjar pituitari. Tubuh akan melepaskan hormon ini ketika kamu berolahraga terutama ketika kamu melakukan latihan menantang seperti aerobik, latihan intensitas sedang dan latihan bebas. Endorfin meningkat satu jam setelah olahraga. Pelepasan hormon ini membantu meringankan rasa sakit, mengurangi stress dan meningkatkan rasa nyaman. 

2. Mempertajam fokus

Kamu merasa lebih berenergi dan siap menghadapi dunia setelah olahraga karena hormon endorfin yang telah meningkatkan tingkat fisik energi tubuh. Melakukan tiga sesi per minggu aktivitas fisik sedang selama 12 minggu dapat meningkatkan kinerja kognitif termasuk peningkatan daya ingat. Melakukan latihan aerobik sedang selama 24 minggu juga meningkatkan fungsi kognitif termasuk konsentrasi.

3. Melepaskan dopamin dan serotonin

Berkeringat dapat membantu mengurangi perasaan stress dan cemas serta mengubah suasana hati ke arah yang lebih positif. Olahraga menyebabkan pelepasan dopamin dan serotonin, keduanya merupakan neurotransmitter yang berperan dalam menjaga suasana hati. Olahraga juga memperlambat pelepasan kortisol, yaitu hormon yang mengalir ketika kamu berada di bawah tekanan kronis. Perubahan hormon ini sangat baik untuk sel-sel otak dan meningkatkan suasana hati.

4. Kesehatan jantung

Olahraga meningkatkan kesehatan jantung yang memungkinkan kamu memiliki daya tahan yang lebih baik sepanjang hari. Untuk kesehatan jantung secara menyeluruh lakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang seperti jalan cepat, aerobik air dan tenis dalam seminggu.

Sahabat Fimela, demikian alasan mengapa olahraga dapat meningkatkan mood dan energi. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading