Sukses

Health

5 Alasan Seseorang Sering Buang Air Kecil Terkait Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Sering merasa buang air kecil? Hal ini disebut juga pola berkemih yang frekuensinya tinggi. Mengutip dari laman healthline.com, situasi ini adalah masalah umum yang bisa berpengaruh besar terhadap kualitas hidup seseorang. Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin sering merasa ingin buang air kecil. Alasan tersebut erat kaitannya dengan kesehatan. 

Berdasarkan beberapa studi, inilah sekian alasan kenapa seseorang sangat sering buang air kecil. Walau umum terjadi, kondisi ini tak boleh diremehkan begitu saja.

Konsumsi Cairan yang Tinggi

Satu alasan paling umum dari situasi sering buang air kecil adalah konsumsi cairan yang tinggi. Ketika seseorang minum banyak air atau minuman lainnya, ginjal harus bekerja ekstra keras untuk memproses dan mengeluarkan cairan berlebih dari tubuh dalam bentuk urin. Oleh karena itu, sering buang air kecil bisa menjadi reaksi normal terhadap konsumsi cairan yang banyak.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah kondisi medis yang bisa menyebabkan sering buang air kecil. ISK biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih, menyebabkan peradangan dan gejala seperti dorongan untuk buang air kecil yang sering. Banyak orang yang sering buang air kecil dengan masalah ISK dalam dirinya. 

Kebiasaan Konsumsi Minuman Berkafein

Kafein adalah diuretik yang ditemukan dalam minuman seperti kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya. Konsumsi kafein yang berlebihan bisa meningkatkan produksi urin. Ini akan membuatmu semakin sering buang air kecil dan merasa tidak nyaman di kandung kemih. Terlebih lagi, jika kamu konsumsi kafein di malam hari.

Kehamilan

Pada perempuan hamil, peningkatan tekanan pada kandung kemih oleh rahim yang membesar bisa menyebabkan dorongan untuk buang air kecil yang lebih sering. Ini adalah gejala normal kehamilan. Sata hamil, perempuan bisa mengalami kenaikan buang air kecil dua kali bahkan tiga kali lipat lebih sering dari sebelum hamil.

Usia dan Perubahan Hormonal

Pada beberapa individu terutama perempuan, perubahan hormon yang terjadi selama periode menopause atau penuaan bisa berkontribusi pada pola berkemih yang sering. Perubahan dalam elastisitas kandung kemih dan otot-otot sekitarnya bisa menyebabkan masalah sering buang air kecil. 

Nah, itulah sekian hal yang menjadi alasan kenapa seseorang sering buang air kecil. Pada beberapa kondisi medis lainnya, seperti diabetes, kandung kemih hiperaktif, atau batu ginjal, juga bisa menyebabkan seseorang merasa ingin buang air kecil lebih sering. Dalam kasus seperti ini, penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis untuk diagnosis dan perawatan yang sesuai. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading