Sukses

Health

Jarang Disadari, Inilah Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang menganggap wajar menahan buang air kecil. Biasanya orang menahan untuk buang air kecil karena sedang dihadapkan situasi penting dan tidak dapat ditinggal.  Padahal, banyak bahaya yang akan muncul jika menyepelekan situasi ini. 

Dengan buang air kecil, tubuh mengelurkan limbah dan cairan yang berlebih pada tubuh. Menahan buang air kecil dapat menimbulkan banyak penyakit dan gangguan kesehatan pada tubuh karena jumlah bakteri di kandung kemih akan meningkat. Mengutip dari halodoc.com, inilah bahaya dari menahan buang air kecil.

Terserang Batu Ginjal

Jika mengendap urine di kandung kemih dalam waktu yang lama, kandungan urine ini akan berisiko membentuk batu ginjal. Pada umumnya, batu ginjal ini berukuran kecil dan dapat keluar melalui saluran kemih. Tetapi jika batu tersebut sudah membesar, maka akan menyumbat saluran kemih dan membuat buang air kecil terasa sakit. Oleh karena itu, menahan buang air kecil sangat berisiko menimbulkan penyakit batu ginjal. 

Terjadi Infeksi Saluran Kemih

Ketika menahan buang air kecil, maka cairan tertahan di dalam saluran kemih. Hal ini menyebabkan menumpuknya racun atau bakteri di saluran kemih yang berakibat ivfeksi saluran kemih atau ISK. Ketika infeksi menyerang saluran kemih, maka akan terasa sakit saat buang air kecil, urine yang keluar juga tidak dalam jumlah yang banyak, lebih parahnya akan menimbulkan darah saat buavg air kecil. Sungguh menyeramkan.

Melemahnya Otot Kandung Kemih

Jarang disadari, dengan seringnya menahan buang air kecil rupanya dapat membuat otot kandung kemih menjadi lemah. Hal ini terjadi karena ketika menahan buang air kecil, otot kandung kemih akan menjadi tegang dan kencang dan jika sering dlakukan, maka otot menjadi tidak kuat dan kendur. Bahaya dari melemahnya otot ini akan terjadi kebocoran urine.

Kini Sahabat Fimela sudah tahu kan bahaya dari sering menahan buang air kecil? Jika terdesak, jangan malu untuk izin meninggalkan kegiatanmu. Lebih baik kehilangan beberapa waktu sebentar untuk buang air kecil agar dijauhi dari risiko-risiko yang berbahaya.

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading