Sukses

Health

5 Manfaat Bunga Saffron yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Bunga saffron, yang juga dikenal sebagai "emas merah," adalah bunga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga saffron berasal dari kuncup bunga Crocus sativus, yang tumbuh di berbagai daerah, termasuk Iran, India, dan Spanyol. Saffron dikenal karena warna kuning merahnya yang indah, dan digunakan sebagai bumbu makanan, obat tradisional, dan bahkan dalam kosmetik.

Bunga saffron mengandung safranal, crocin, dan picrocrocin. Crocin adalah senyawa yang memberikan warna kuning ke saffron, sementara safranal memberikan aroma khasnya. Senyawa-senyawa ini memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan, salah satunya untuk menurunkan kolesterol.

Penting untuk diingat, bahwa meskipun bunga saffron dapat menurunkan kolesterol, tapi Sahabat Fimela tetap harus menjaga gaya hidup sehat, dengan diet seimbang, berolahraga teratur, dan menghindari merokok. Konsultasikan juga pada dokter, jika sedang mengonsumsi obat-obatan khusus. Berikut manfaat bunga saffron yang bisa menurunkan kolesterol:

Manfaat Bunga Saffron

1. Mengurangi Kolesterol LDL (Kolesterol Jahat)

Bunga saffron mengandung senyawa aktif yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah. Kolesterol LDL adalah tipe kolesterol yang dapat mengendap di dinding arteri dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Saffron dapat membantu menghambat produksi kolesterol LDL di hati, sehingga mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah.

2. Efek Antiinflamasi

Peradangan dalam tubuh dapat memengaruhi metabolisme kolesterol. Bunga saffron mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Dengan mengurangi peradangan, saffron dapat membantu menjaga keseimbangan lipid dalam darah.

3. Mengurangi Oksidasi Kolesterol LDL

Salah satu risiko utama terkait kolesterol LDL adalah oksidasi, yang dapat meningkatkan risiko aterosklerosis (pengerasan arteri). Bunga saffron mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti crocin, yang dapat membantu melindungi kolesterol LDL dari oksidasi. Sehingga saffron dapat membantu mengurangi risiko kerusakan pada dinding arteri.

4. Meningkatkan Fungsi Pembuluh Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa saffron dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah. Ini berarti bahwa aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar, yang dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol pada dinding arteri.

5. Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Selain itu, saffron dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Safranal dalam saffron diyakini memiliki efek positif pada sistem saraf, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan meredakan kecemasan.

Resep Risotto Saffron

Bahan:

  • 1 cangkir beras Arborio
  • 2 cangkir kaldu ayam
  • 1/2 cangkir anggur putih kering
  • 1/4 sdt bunga saffron
  • 2 sdm mentega
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1 bawang bombay, dicincang halus
  • 1/2 cangkir parmesan parut
  • Garam dan merica secukupnya
  • Daun peterseli cincang untuk hiasan

Cara membuat:

  1. Panaskan kaldu dalam panci kecil. Setelah mendidih, tambahkan bunga saffron ke dalam kaldu. Biarkan saffron meresap dalam kaldu selama sekitar 10-15 menit. Saring kaldu dan simpan hangat.
  2. Panaskan minyak zaitun dan mentega dalam panci besar. Tumis bawang bombay hingga lunak.
  3. Tambahkan beras Arborio ke dalam panci dan aduk rata hingga beras terbungkus dengan minyak dan mentega.
  4. Tuangkan anggur putih ke dalam panci dan aduk hingga anggur hampir habis terserap oleh beras.
  5. Mulailah menambahkan kaldu saffron secara bertahap, satu cangkir kaldu pada suatu waktu, sambil terus diaduk.
  6. Lanjutkan memasak risotto sambil terus mengaduk dan menambahkan kaldu hingga beras menjadi lembut dan cairan terserap sepenuhnya, sekitar 18-20 menit.
  7. Setelah beras matang, tambahkan parmesan parut dan aduk hingga rata. Bumbui dengan garam dan merica secukupnya sesuai selera.
  8. Hidangkan risotto saffron dengan taburan daun peterseli cincang sebagai hiasan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading