Sukses

Health

Resep Teh Daun Jati Belanda yang Ampun Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Tahukah Sahabat Fimela tentang tanaman herbal daun Jati Belanda? Daun Jati Belanda (Gynura Procumbens) adalah tanaman herbal yang populer di beberapa wilayah, terutama Asia Tenggara, dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional. Tanaman ini diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol, kadar gula darah dan mengurangi peradangan.

Tanaman ini juga dikenal dengan berbagai nama seperti Daun Dewa, Sambung Nyawa, atau Jiaogulan. Daun Jati Belanda dapat dikonsumsi menjadi teh yang bermanfaat untuk tubuh. Cara menyeduh teh daun Jati Belanda cukup mudah.

Meskipun banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dari teh daun Jati Belanda, penting untuk diingat bahwa setiap orang mungkin merespons manfaat dari teh ini dengan cara yang berbeda. Sebelum mengonsumsi teh daun Jati Belanda, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan, terutama jika memiliki kondisi medis khusus atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Cek resep membuat teh daun Jati Belanda berikut ini, yang dapat membantu menurunkan kolesterol:

Manfaat Teh Daun Jati Belanda

1. Menurunkan Kolesterol

Daun Jati Belanda mengandung senyawa seperti flavonoid dan alkaloid. Kandungan ini telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah. Sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung.

2. Mengurangi Kadar Gula Darah

Teh daun Jati Belanda bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Senyawa aktif dalam daun Jati Belanda diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Teh ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Konsumsi teh daun Jati Belanda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Senyawa-senyawa dalam daun ini diketahui merangsang produksi sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

4. Mengurangi Peradangan

Senyawa antiinflamasi dalam teh daun Jati Belanda dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk penyakit autoimun dan kanker.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh daun Jati Belanda diketahui memiliki efek menenangkan pada sistem saraf. Sehingga dapat membantu tidur lebih nyenyak dan merasa lebih segar saat bangun.

Resep Teh Daun Jati Belanda

Bahan-bahan:

  • 10-15 lembar daun Jati Belanda yang segar atau kering
  • Air bersih secukupnya (sekitar 2-3 gelas)
  • Madu atau gula secukupnya

Cara membuat:

  1. Persiapan daun terlebih dahulu. Jika menggunakan daun segar, pastikan untuk mencucinya bersih dengan air bersih untuk menghilangkan debu atau kotoran.Jika daun kering, rendam sejenak dalam air untuk melembutkannya.
  2. Didihkan air dalam panci atau ketel hingga mencapai titik didih.
  3. Tempatkan daun Jati Belanda yang sudah dipersiapkan ke dalam teko atau wadah yang tahan panas.
  4. Tuangkan air mendidih ke atas daun Jati Belanda.
  5. Biarkan daun Jati Belanda terendam dalam air panas selama sekitar 5-10 menit.
  6. Saring teh dengan menggunakan saringan teh atau kain kasa bersih.
  7. Sajikan teh daun Jati Belanda hangat.
  8. Untuk menambahkan rasa manis, tambahkan madu atau gula sesuai dengan selera.
  9. Minum teh daun Jati Belanda ini secara teratur. Biasanya, satu hingga dua cangkir teh per hari dianggap aman.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading