Sukses

Health

5 Tips Menjaga Kesehatan Anak di Tengah Polusi Udara

Fimela.com, Jakarta Tingkat polusi udara yang semakin buruk terutama di wilayah Jakarta. Situasi tentu memberikan dampak serius pada kesehatan termasuk anak-anak.

Salah satu yang paling berdampak ialah pada sistem pernapasan. Apalagi anak-anak, sistem pernafasannya yang masih berkembang membuat mereka lebih rentan terhadap risiko penyakit dan komplikasi kesehatan.

Pada bulan Agustus 2023, data kualitas udara di Jakarta menunjukkan angka yang mengkhawatirkan. Indeks Kualitas Udara (Air Quality Index/AQI) secara rutin melampaui ambang batas aman, dengan partikel PM2.5 dan PM10 sebagai kontributor utama.

Untuk itu, sebagai orangtua harus menjaga kesehatan anak di tengah polusi udara. Berikut tipsnya melansir berbagai sumber.

1. Pahami Jadwal Polusi

Ketahui kapan tingkat polusi udara cenderung tinggi sehingga dapat mengambil tindakan preventif, terutama ketika anak-anak berada di luar ruangan.

2. Gunakan Masker

Saat anak-anak berada di luar ruangan, pastikan mereka menggunakan masker pelindung yang efektif untuk mengurangi risiko paparan partikel berbahaya.

3. Pilih Aktivitas Dalam Ruangan

Selama periode tinggi polusi, prioritaskan aktivitas di dalam ruangan seperti bermain dalam ruangan atau berkegiatan kreatif di rumah.

4. Perhatikan Kebersihan Rumah

Jaga kebersihan rumah secara rutin untuk menghindari penumpukan debu dan partikel di dalam ruangan. Bisa gunakan Air purifier dengan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) dapat menjadi solusi untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah.

Alat ini membantu menghilangkan partikel-partikel berbahaya dan menjaga udara tetap bersih. Manfaat Air Purifier untuk kesehatan anak dapat membantu menjaga lingkungan dalam ruangan bebas dari polusi udara dan partikel berbahaya. Filter HEPA efektif menangkap partikel PM2.5 dan PM10, menjaga udara yang dihirup anak-anak lebih bersih. Penggunaan air purifier dengan filter HEPA adalah langkah proaktif yang dapat membantu menjaga udara di dalam ruangan tetap bersih dan aman untuk dihirup, seperti Notale Air Purifier.

"Notale Air Purifier ini salah satu Air Purifier yang dilengkapi dengan fitur terbaru, selain dapat menghilangkan 99.9% polutan, partikel kecil, allergen dan debu, dilengkapi UV Sterilizer sehingga dapat membunuh langsung kuman yang terhisap di dalam Air Purifier," ujar Andri Sutanto selaku Brand Marketing Manager

5. Asupan Makanan Bergizi 

Berikan makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran untuk membantu memperkuat sistem imun anak-anak.  Pola makan yang seimbang yang bergizi untuk menjaga sistem imun. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading