Sukses

Health

Tips Menjaga Kesehatan Keluarga dari Bahaya Polusi Udara di Rumah

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini, polusi udara menjadi perbincangan hangat setiap keluarga. Apa lagi berdasarkan data yang diberikan oleh AirVisual (aplikasi cek kualitas udara) menyatakan per 10 September 2023, kualitas udara di daerah sekitar Jabodetabek aca di sekitar 136 AQI (Indeks Kualitas Udara) sampai dengan 176 AQI. Angka berikut sudah melebihi batas normal kualitas udara (udara sehat maksimum 100).

Dilansir oleh Nationalgeographic.org, polusi udara dapat menyebabkan kematian. Hal ini terjadi karena orang yang secara berlebih mengkonsumsi polusi udara terlalu banyak akan menyebabkan penyakit seperti penyakit jantung, kanker paru-paru, kerusakan saraf otak, dan lain-lain. 

Berdasarkan Enviromental Protection Agency (EPA) yang mengutip dari Healthline.com menyatakan, polusi udara dalam ruangan akan lebih bahaya 100 kali lipat dari pada polusi udara di luar. Maka dari itu, Sahabat FIMELA berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan keluar dari bahaya polusi udara menurut Healthline.com.

Stop Polusi Tambahan

Semua orang tahu polusi udara secara general datang dari asap kendaraan, asap pabrik, pembakaran hutan, dan lain-lain. Mungkin saja beberapa orang memikirkan selagi mereka tidak membuka pintu maka kualitas udara rumah mereka akan tetap terjaga. Akan tetapi, nyatanya tidak. 

Untuk menjaga udara di dalam rumah agar tetap bersih kamu harus mengurangi dan membasmi polusi tersebut. Beberapa polusi udara dalam ruangan yang umum ditemui adalah randon, perokok pasif, formaldehida, dan produk pembersih. 

Radon adalah gas radioaktif alami yang dapat masuk atau memenuhi ruangan melalui cela bumi dan akhirnya menumpuk di rumah. Dimana gas randon ini dapat menyebabkan penyakit kanker paru-paru. Jika di dalam rumah kamu ada seorang atau beberapa orang yang merupakan perokok pasif, disarankan untuk meminta orang tersebut untuk tidak merokok di dalam rumah.

Formaldehida, adalah senyawa organik yang mudah menguap dan didalamnya mengandung komponen gas yang berbahaya. Biasanya gas jenis ini dapat ditemukan di lem yang digunakan untuk merekatkan kayu atau furniture lainnya. Produk pembersih seperti pengharum ruangan, pembersih kaca, pemutih pakaian, dan semprotan pembersih biasanya mengandung bahan kimia yang berbahaya jika dihirup. Disarankan untuk menggunakan produk yang aman dan non-toksik.

 

 

Tanaman dalam Rumah

House plan juga menjadi rekomendasi pembersih udara yang bagus untuk didalam rumah. Berdasarkan penelitian yang berjudul Air purification by house plants (2017) menyatakan bahwa tanaman rumah bisa membantu mengurangi polusi udara khusus seperti VOC (Volatile Organic Compounds). 

Bukan hanya itu, penelitian yang berjudul Potted plants do not improve indoor air quality: a review and analysis of reported VOC removal efficiencies menunjukkan bahwa ventilasi yang sudah ada di sebagian besar gedung dapat menghilangkan VOCs dari udara, jika dibandingkan dengan tanaman ruangan. 

Faktanya tidak semua tanaman terbukti dapat mengurangi polusi udara. Maka dari itu, berikut adalah tanaman yang dapat mengurangi polusi,

  • Dracaena, genus tanaman hias populer yang sering kali memiliki daun berbentuk pedang dan memiliki banyak warna,
  • Spathiphyllum, juga dikenal sebagai bunga bakung perdamaian,
  • Hedera helix, atau ivy biasa.

Air Purifier

Air Purifier

Sudah terbukti secara scientific, air purifier dapat secara efektif mengurangi polusi udara didalam ruangan dan dapat meningkatkan kualitas udara. Akan jauh lebih baik, jika kamu memilih air purifier yang memiliki sistem penyaring HEPA (High efficiency particulate absorbing).

Berdasarkan penelitian yang berjudul Assessing effectiveness of air purifiers (HEPA) for controlling indoor particulate pollution menyatakan bahwa sistem penyaringan HEPA dapat menyingkirkan 99 persen partikel berbahaya, seperti:

  • VOCs,
  • Asap,
  • Spora jamur,
  • Karbon dioksida berlebih,
  • Alergi seperti bulu hewan peliharaan.

Air Purifier dengan Kecanggihan yang Luar Biasa

Melihat keprihatinan keluarga-keluarga di seluruh Indonesia terutama terhadap permasalahan polusi udara, SamSung memperkenalkan 3 produk air purifier yang terbukti canggih dan dapat memusnahkan polusi udara, serta partikel yang berbahaya.

SamSung Air Purifier AX34R

Bukan hanya dapat membersihkan udara, air purifier ini juga dapat menghilangkan bau di udara. Air purifier ini memiliki 3 langkah pemurnian yang berguna untuk menyaring partikel debu dan serbuk sari, menghilangkan bau di udara, dan mengurangi berbagai gas yang berbahaya, serta dapat menangkap 99 % debu yang sangat halus.

Air purifier ini memiliki 4 sensor warna yang akan menunjukan dan mendeteksi kualitas udara di dalam ruangan. Dimana, dengan ini kamu dapat mengetahui seberapa bersih dan murni udara sekitar ruangan. Daya bersih air purifier ini juga sampai 34m, filtrasi yang digunakan juga filter 2-in-1 PM2.5 dan memiliki filter deodorisasi yang dapat diganti dengan mudah. 

Air purifier ini hanya menggunakan daya listrik sebesar 30w. Samsung Air Purifier AX34R didesain secara khusus agar aman digunakan untuk anak-anak. Memiliki fitur child safety lock, dimana kontrol air purifier tidak bisa diganggu-gugat oleh tangan jahil.

Samsung Air Purifier AX40R

Samsung Air Purifier AX40R hadir dengan tampilan yang premium yang menawan.  Air purifier ini memiliki kemampuan untuk memurnikan udara tanpa diragukan. Air purifier ini mampu menghilangkan polusi dengan berbagai macam lapisan khususnya di dalam ruangan dan dapat mencangkup sampai dengan 40 m. 

Cara kerjanya adalah dengan mengekstrak partikel debu yang lebih besar. Kemudian Activated Carbon Deodorization Filter akan bertugas untuk menghilangkan gas berbahaya. Terakhir, udara akan melalui Ultra Dust Filter yang terbukti mampu menangkap 99,7% debu halus berukuran 0,3 dan bakteri.

Samsung Air Purifier AX40R juga dilengkapi dengan Dust and Gas Sensor yang bertujuan untuk memantau kualitas udara, dan secara otomatis dapat mengoptimalkan mode tersebut, dan akhirnya akan memberikan tampilan 4 indikator kualitas udara. Perangkat ini hanya membutuhkan 40w listrik saja dan sudah dilengkapi dengan Auto Mode yang mampu mendeteksi polusi udara dan secara otomatis dapat menyesuaikan daya serta kecepatan kipas untuk menghemat listrik. Selain itu, kamu juga dapat mengatur waktu kapan saja air purifier ini dimatikan.

Samsung Air Purifier AX60R

Samsung Air Purifier AX60R memiliki kemampuan untuk memurnikan udara di daerah yang lebih luas yaitu 60 m dan dapat menjangkau berbagai sudut seluas dengan mode 3 Way Air Flow. Front air inflow akan menyedot udara, kemudian Power Fan akan mendistribusikan udara yang bersih dengan cepat ke berbagai arah.

Air purifier ini Memurnikan udara melalui sistem Filtrasi Multi-Layer Purification System. Pertama, Samsung Air Purifier AX60R Akan mengekstrak Partikel debu yang lebih besar, kemudian, mesin akan mengaktifkan Activated Carbon Deodorization Filter yang memiliki manfaat Untuk menyaring bau tak sedap hingga gas berbahaya. Terakhir, Ultra Dust Filter akan menangkap 99,97% debu halus yang berukuran 0,3 dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri. 

Samsung Air Purifier AX60R Dapat dikontrol melalui smartphone dengan aplikasi SmartThings. Samsung Air Purifier AX60R juga dilengkapi dengan voice command, dimana pengguna dapat mengakses Samsung Air Purifier AX60R Dengan suara. Dengan aplikasi ini, pengguna juga dapat memantau segala macam kualitas udara dan status Filtrasi. Produk ini juga memiliki fitur auto mode yang dapat mendeteksi polusi udara secara otomatis dan memiliki mode sleep.

Jika Sahabat FIMELA tertarik dengan air purifier ini, kamu dapat secara langsung mengunjungi toko luring dan daring SamSung. Pre-order juga bisa dilakukan dari 31 Agustus sampai dengan 24 September 2023.

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading