Sukses

Health

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Olahraga agar Lebih Bermanfaat

Fimela.com, Jakarta Setelah selesai melakukan olahraga, kebanyakan orang akan berdiam diri atau bersantai karena lelah setelah melakukan olahraga. Sayangnya jika kamu hanya berdiam diri dan tidak melakukan apapun setelah olahraga mungkin hasilnya tidak akan terlihat dengan cepat. 

Kamu bisa melakukan beberapa hal setelah olahraga akan hasilnya terlihat dengan cepat seperti mengubah pola makan, melakukan aktivitas lain, dan konsumsi suplemen. Dilansir dari byrdie (14/9) ini 5 hal yang harus kamu lakukan setelah olahraga agar lebih bermanfaat. 

Makan protein 30 hingga 60 menit setelah latihan

Setelah melakukan olahraga, otot-otot akan kehabisan cadangan energi-karbohidrat dan glikogen yang menjadi bahan bakar untuk semua kontraksi otot yang memungkinkan kamu berlari, mengangkat beban, dan melompat di gym. Untuk menyerap nutrisi dan memperbaiki proses perbaikan otot, kamu bisa mengkonsumsi sumber protein dan karbohidrat seperti shake. v

Manjakan diri setelah olahraga

Lakukan apapun yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress dan membantu tubuh pulih setelah berolahraga di gym. Kamu bisa tidur, meditasi, menonton film ataupun mandi. Stress kronis dapat terjadi akibat waktu dan jadwal yang padat salah satunya olahraga. Perawatan diri itu penting, bukan egois.

Pendinginan

Pendinginan setelah melakukan olahraga bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk menenangkan diri setelah melakukan gerakan yang intens. Setelah berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dan dapat menimbulkan risiko pingsan atau sakit karena detak jantung dan tekanan darah yang turun dengan cepat. Pendinginan tergantung pada jenis olahraga yang dilakukan. Kamu bisa berjalan atau jogging setelah kardio, atau peregangan statis selama 15 menit setelah melatih kekuatan dengan beban berat. 

Ganti pakaian

Setelah selesai berolahraga, sebaiknya segera berganti baju dan jangan berlama-lama mengenakan pakaian yang basah oleh keringat. Ada kemungkinan jamur tumbuh di celah-celah tubuh yang lembab. Akan lebih baik juga untuk kamu mandi setelah berkeringat agar bakteri penyebab jerawat tidak muncul. Perhatikan jenis dan ukuran pakaian olahraga yang dikenakan, jangan terlalu ketat.

Perbanyak konsumsi magnesium

Jika kamu mengalami kram otot, kemungkinan kadar magnesium dalam tubuh terlalu rendah. Magnesium dapat membentuk otot secara efektif termasuk sintesis protein, fungsi otot dan saraf, kontrol glukosa dasar dan produksi energi. Kamu bisa mengkonsumsi makanan kaya magnesium seperti sayuran berdaun gelap, susu biasa, almond, kacang mete, biji wijen dan ikan salmon serta halibut.

Sahabat Fimela, demikian 5 hal yang harus kamu lakukan setelah olahraga agar lebih bermanfaat. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading